alexametrics

Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G

loading...
Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G
Pabrikan smartphone tahun ini berlomba mengenalkan ponsel 5G pertamanya ke pasar global. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Perkembangan teknologi 5G hampir tuntas dan beberapa produsen bersiap-siap untuk melepaskan smartphone yang mendukung jaringan ini. Meskipun 5G pasti akan digunakan pada 2019, kemungkinan besar baru akan mencapai potensi penuhnya pada tahun depan.

Sampai sekarang, banyak petinggi manufaktur besar seperti Apple belum menunjukkan minat merilis 5G smartphone. Tapi beberapa OEM yakin akan merilis perangkat 5G tahun ini juga.

Berikut adalah daftar lima perusahaan teratas yang dijadwalkan untuk melepaskan ponsel 5G pada 2019. Sebagai catatan tambahan, daftar yang dibuat laman Giz China itu tidak disusun berdasarkan kualitas ponsel atau waktu rilis.

Huawei
Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G

Menggunakan chip baseband 5G buatan sendiri, Huawei berencana menggelar handphone 5G-nya di kuartal pertama 2019.



Pada awal September 2017, industri mulai mendengar desas-desus Huawei sedang mempersiapkan smartphone yang dapat dilipat. Spekulasi ini telah tumbuh lebih kuat dalam beberapa waktu terakhir.

Banyak yang yakin pabrikan raksasa China itu mau merilis handphone 5G layar lipat di MWC 2019. Sejak saat itu kabar Huawei telah mematenkan unit layar lipat dengan panel OLED terus bertebaran.

Pada MWC 2019 yang akan diadakan di Barcelona mulai 25-28 Februari, Huawei akan fokus pada topik-topik hangat seperti 5G, kecerdasan buatan, IoT, dan layanan cloud. Ini juga akan menampilkan penelitian terbaru dan pencapaian pengembangan di bidang teknologi komunikasi.

Pada 24 Januari, Huawei merilis chip Baron 5000 di Beijing. Karena itu, kemungkinan besar pada semester pertama tahun ini, kita akan melihat ponsel 5G yang telah lama ditunggu-tunggu, bisa jadi itu adalah Huawei P30.

Samsung
Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G

Samsung juga tengah menyiapkan ponsel 5G. Rencananya chip baseband 5G yang digunakan ialah Baseband Qualcomm. Sama seperti Huawei, perangkat akan dirilis pada kuartal pertama 2019.

Pada awal Februari 2018, di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang, Samsung bekerja sama dengan produsen lain dalam menyediakan pengguna dengan layanan aplikasi 5G. Dari tampilan sinkron hingga layanan video streaming 4K, ada aplikasi layanan 5G dalam periode tersebut.

Menurut spekulasi, ponsel 5G pertama Samsung, Galaxy S10X akan diluncurkan pada Maret 2019, meskipun rumor ini dibantah oleh perusahaan. Pada Agustus 2018, Samsung meluncurkan baseband 5G - Exynos Modem 5100.

Lalu tanggal 5 Desember lalu, Samsung bergabung dengan Qualcomm dan Verizon untuk merilis sistem koneksi data 5G NR baru. Hasilnya menunjukkan kecepatan transmisi jaringan 5G pada ponsel dan ponsel 5G pertama dipamerkan di CES 2019.

Rumor juga mengatakan Samsung Galaxy S10X akan diluncurkan di Korea Selatan dan datang dengan label harga Rp10 juta-11 jutaan.

Xiaomi
Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G

Xiaomi pun tak mau kalah. Mereka menyiapkan handphone 5G yang disokong chip baseband 5G keluaran Qualcomm. Ponsel dikabarkan siap menyapa pasar di kuartal pertama 2019.

Pada CES 2019, Xiaomi merupakan salah satu perusahaan China yang memamerkan prototipe smartphone 5G-nya -khususnya versi 5G dari Xiaomi Mi MIX 3. Perusahaan ini adalah pabrikan relatif muda yang dikenal melakukan segala kemungkinan untuk bertemu dengan tren saat ini.

OPPO
Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G

OPPO juga ikut-ikutan menyiapkan ponsel 5G berbasis chip 5g Qualcomm. Handset diatur untuk keluar pabrik pada tiga bulan pertama tahun ini.

Sama seperti Xiaomi, OPPO juga memamerkan prototipe smartphone 5G di CES 2019. OPPO pun menjadi salah satu perusahaan pertama yang memamerkan prototipe smartphone 5G.
Pabrikan menunjukkan perangkat ini kepada publik di China Mobile Global Cooperation ke-6 yang diadakan di Guangzhou pada 6-8 Desember. Pada konferensi mitranya, OPPO memamerkan prototipe OPPO Find X 5G untuk pertama kalinya.
OPPO kini berada dalam posisi terdepan untuk merilis smartphone 5G dalam beberapa pekan mendatang. Kita tunggu saja kabar baiknya.

Vivo
Catat, Lima Merek Smartphone Ini Sudah Jadualkan Peluncuran Ponsel 5G
Di posisi ke lima, ada vivo. Membenamkan chip baseband 5G dari Qualcomm, mereka siap melempar ponsel 5G-nya pada kuartal pertama 2019.
Sama seperti Xiaomi dan OPPO, vivo juga memamerkan prototipe ponsel cerdas 5G di CES 2019. CEO Vivo, Shen Yu telah dua kali mengungkapkan penelitian dan pengembangan ponsel 5G vivo berjalan dengan lancar.

Dikatakannya, ponsel 5G pra-komersial akan diluncurkan pada 2019. Namun peluncuran sebenarnya baru akan terjadi pada 2020 ketika operator China siap untuk penyebaran jaringan 5G skala besar.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak