alexametrics

Media Test Drive

Grand New Xenia Sukses Menerobos Batu Lubang Sibolga

loading...
Grand New Xenia Sukses Menerobos Batu Lubang Sibolga
Daihatsu menggelar Grand New Xenia Media Test Drive di Tapanuli Tengah, Senin-Rabu (11-13/2/2019). MALIK/ SINDOnews
A+ A-
SIBOLGA - Daihatsu menggelar Grand New Xenia Media Test Drive di Tapanuli Tengah, Senin-Rabu (11-13/2/2019). Puluhan jurnalis diajak berpetualang dengan generasi terbaru Xenia menjelajah jalanan di salah satu wilayah Sumatera Utara ini.

Salah satu jalanan menantang yang dilalui adalah jalur menuju dari objek wisata Air Terjun Martolu di Desa Rampak, Kecamatan Sitahuis. Sebagian jalan sebenarnya sudah mulus teraspal, tapi di sepanjang perjalanan kerap ditemui longsoran batu tebing yang masih berserakan. Para jurnalis harus ekstra hati-hati melaluinya.

Di sini sistem kemudi Grand New Xenia benar-benar diuji. Electric power steering yang disematkan di stir memudahkan para pengemudi menghindari marerial longsor di bahu jalan.



"Stirnya enteng banget," kata Fiddy Anggriawan, jurnalis Okezone.com yang saat itu duduk di belakang kemudi.

Medan lebih menantang ketika rombongan akan kembali ke Sibolga dari objek wisata Air Terjun Martolu. Jalanan penuh tanjakan dan tikungan hampir 180 derajat. Dibutuhkan performa mobil yang prima untuk bisa melaluinya. Apalagi, banyak truk ukuran besar melewati jalur tersebut.

SINDOnews yang mendapatkan giliran mengendalikan kemudi awalnya waswas juga dengan kondisi medan itu. Namun setelah duduk di belakang kemudi, memastikan posisi ternyaman, dan gas pelan-pelan diinjak, kekhawatiran itu perlahan sirna. Grand New Xenia 1,5 R Deluxe yang ditunggangi memberikan kepercayaan diri untuk melahap segala medan. Tanjakan tajam dengan mudah didaki. Kelak-kelok tikungan juga gampang dilibas.

Hingga rombongan sampai ke ruas jalan yang populer disebut Batu Lubang Sibolga. Jalan ini menembus batu besar berlubang yang mirip seperti terowongan. Lebarnya tak lebih dari 6 meter, memaksa pengguna jalan harus melaju satu-satu untuk menembus terowongan sepanjang 20 meter.

Lolos di terowongan pertama, ternyata sekitar 100 meter di depan ada terowongan serupa. Kondisinya lebih sulit lagi, karena jalan di dalam terowongan berlubang cukup dalam. Satu persatu rombongan menembus terowongan kedua sepanjang 30 meter dengan hati-hati.

Perbaikan di bagian suspensi pada Grand New Xenia sangat bermanfaat saat melewati jalan berlubang di dalam terowongan. Goyangan terasa nyaman dan stabil. Di samping itu, penambahan peredam suara juga membuat kabin lebih senyap. Sehingga para penumpang tetap anteng sambil keheranan dengan Batu Lubang Sibolga.

Selepas jalan ektrem itu, rombongan turun tancap gas ke Kota Sibolga. Grand New Xenia yang telah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) sangat memudahkan pengemudi dalam pengereman. Sementara, para penumpang tetap tenang sambil mendengarkan siaran radio dari audio yang empuk di telinga.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak