alexametrics

Supermoon 19 Februari 2019, Penampakan Lunar Perigee Lebih Besar

loading...
Supermoon 19 Februari 2019, Penampakan Lunar Perigee Lebih Besar
Gerhana bulan. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Tanggal 19 Februari 2019 ini adalah Supermoon yang kedua dati tiga supermoon yang akan terjadi di 2019.

Anna Ross, seorang astronom di Royal Observatory, mengatakan: "Kami hanya melihat mereka dari sini di Inggris, dan itu juga akan bertepatan dengan supermoon (jadi ketika bulan berada pada titik terdekatnya ke Bumi pada orbitnya). tuturnya seperti dilansir dari Daily Star.

" Supermoon 19 Februari 2019, dikenal sebagai lunar perigee dan terjadi setidaknya sekali selama orbit 29 hari selama Bulan," tutur Anna.



"Peristiwa ini hanya bertepatan sekitar satu dari setiap tiga gerhana bulan total membuatnya lebih menarik."

Supermoon akan membuat Bulan tampak sangat besar, atau luar biasa besar di langit malam.

Sebab, perbedaan diameter sudut Bulan pada saat Supermoon maupun saat Bulan purnama biasa sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya sekitar 10-14 persen saja. Jadi, untukmu yang jarang melihat Bulan, kemungkinan akan sulit membedakannya sehingga akan berpikiran,

Perbedaan itu baru akan terlihat apabila kamu mengambil gambar Supermoon 19 Februari 2019 nanti, lalu mengambil gambar Bulan purnama pada 20 Maret 2019. Ambilah kedua gambar Bulan purnama itu dengan pengaturan kamera yang sama, lalu hasilnya bisa dibandingkan.

Nantinya, seperti pada foto perbandingan Supermoon tahun 2017 di atas, kamu bisa melihat bahwa diameter sudut Bulan purnama perigee sedikit lebih besar daripada Bulan purnama biasa.

Supermoon hanya terjadi ketika bulan purnama sejajar dengan titik terdekat dengan bumi di orbit elips bulan.Selama waktu ini, bulan akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya saat mencapai titik penutupan ke Bumi.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak