alexametrics

Snow Moon Sebutan Gerhana Bulan Total 19 Februari 2019

loading...
Snow Moon Sebutan Gerhana Bulan Total 19 Februari 2019
Gerhana Bulan. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Tahun ini kita akan menyaksikan tiga supermoon berturut-turut pada 21 Januari, 19 Februari dan 21 Maret 2019. Dan dari ketiga gerhana bulan ini tercatat menjadi Fenomena alam langka.

Seperti dilansir dari Space, jika pada tanggal 20-21 Januari 2019 gerhana bulan tersebut dinamai Super Blood Wolf Moon, maka gerhana yang akan terjadi 19 Februari 2019 dinamai Snow Moon yang akan menjadi bulan purnama terdekat tahun ini.

Nama supermoon sebenarnya diberikan oleh pakar astrologi Richard Nolle yang berarti bulan purnama yang tampil lebih besar di depan manusia. Melansir BBC, menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), penampakan bulan pada Selasa (19/2/2019) merupakan awal dari 'trilogi supermoon', NASA menghitung jarak terdekat bumi dan bulan mencapai 357.492 km.



“Supermoon merupakan kesempatan besar bagi orang yang ingin melihat lebih dekat tentang bulan, bukan hanya sekali, tetapi setiap kesempatan yang mereka hadapi,” ujar Noah Petro, ilmuwan Goddard Space Flight Center,NASA, dilansir Fox News.

Kemudian, Robert Massey, dari Komunitas Astronomi Inggris, penampakan supermoon membuat bulan terlihat membesar secara kasat mata tapi sebenarnya tidak. “Hal itu disebabkan ilusi optik karena bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi atau disebut perigee,” ungkap Massey.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak