alexametrics

Ahli Sebut Aplikasi Fake GPS Mudah Terdeteksi

loading...
Ahli Sebut Aplikasi Fake GPS Mudah Terdeteksi
Ilustrasi Transfortasi online. FOTO/ Ist
A+ A-
Pelaku tindak kecurangan atau fraud seperti Fake GPS sebenarnya sangat mudah terdeteksi oleh para aplikator layanan ojek online.

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, mengatakan bahwa meski masing-masing ponsel ada ditangan para mitra pengemudi, tapi sistem seharusnya dengan mduah bisa mengenali ciri-ciri penggunaan fake GPS.

"Pihak aplikator bisa dengan mudah mendeteksi, sangat-sangat mudah mendeteksi fake GPS mah. Seminggu sampai dua minggu bisa kena itu," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh SINDOnews, Kamis (14/2/2019).



Hal tersebut lantaran banyak sekali ciri-ciri pengguna Fake GPS yang bisa tercermin. Selain itu, kondisi lapangan yang sering tak terduga dan aplikasi Fake GPS tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi itu.

"Misalnya kita pake fake GPS 20km per jam ke Grogol. Dia kan 20 km perjam ke Grogol dimana berhenti dimana berhenti. Tapi kalau misal lagi macet dia gatau, dia akan terus aja seakan akan dia lancar, nah dari situ bisa terlihat. Terus ada banyak faktor lagi," Alfons mencontohkan.

Aplikasi Fake GPS sendiri sering digunakan para mitra pengemudi layanan ojek online, mereka memalsukan titik kordinat seolah dekat dengan keberadan konsumen. Biasanya para pelaku pengguna aplikasi Fake GPS mencari titik-titik ramai.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak