alexametrics

Pemerintah India Usulkan TikTok Diblokir

loading...
Pemerintah India Usulkan TikTok Diblokir
Aplikasi Tik Tok. FOTO/ Ist
A+ A-
NEW DELHI - Setelah beberapa waktu lalu sempat diblokir di Indonesia, kini giliran India yang mengusulkan untuk memblokir TikTok.

Mereka yang mengusulkan pemblokiran, berargumen bahwa platform sosial media itu menyebabkan degradasi budaya pada remaja.

Rencana ini diusulkan oleh M Manikanda, Menteri Teknologi Informasi dari negara bagian Tamil Nadu, India. Ia menyebut pemerintahan negara bagian akan merekomendasikan pemblokiran TikTok di Tamil Nandu, dilansi The Verge, Jumat (15/2/2019).



Kekhawatiran atas penyebaran konten berbahaya dan ekstrem di TikTok bukan masalah baru. Pengguna di seluruh dunia telah menemukan berbagai bentuk konten ekstremis saat menggunakan aplikasi, termasuk video rasisme dan pornografi.

Namun di India, selain mengandung unsur tersebut TikTok menjadi tempat bermacam kasus bullying. Pada Desember 2018, dilaporkan The New Indian Express setidaknya ada 36 remaja yang mengaku mengalami cyberbullying di TikTok.Bahkan satu orang dilaporkan bunuh diri karena bullying yang ia terima setelah mengunggah video di TikTok.

Sampai saat ini,tercatat ada 20 juta pengguna aktif TikTok di India.

Perwakilan Tik Tok di negara tersebut mengaku akan segeran mempekerjakan seorang chief nodal offiver di India yang bertugas untuk berkoordinasi dengan lembaga penegak hukum terkait.

"Kami memiliki langkah-langkah kuat untuk melindungi pengguna dari penyalahgunaan, termasuk mekanisme pelaporan yang mudah yang memungkinkan pengguna dan penegak hukum untuk melaporkan konten yang melanggar ketentuan penggunaan dan pedoman komunitas kami," ujar perwakilan Tik Tok.
(wbs)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak