Produsen Traktor Jepang Kedepankan Teknologi Produksi Pertanian

Senin, 18 Februari 2019 - 12:34 WIB
Produsen Traktor Jepang Kedepankan Teknologi Produksi Pertanian
Produsen Traktor Jepang Kedepankan Teknologi Produksi Pertanian
A A A
PRODUSEN traktor asal Jepang, Yanmar, belum lama ini meluncurkan dua unit produk terbarunya, YM351A dan YM357A. Kedua unit padat teknologi tersebut mampu meningkatkan produksi pertanian. YM351A yang menghasilkan 51 tenaga kuda dan YM357A dengan tenaga 57 tenaga kuda menyasar sektor pertanian di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

“Kami perkenalkan solusi terbaru Yanmar untuk membantu para petani di Asia Tenggara,” ujar Representative Director Yanmar Holdings Co Ltd Takehito Suzuki saat peluncuran YM351A dan YM357A di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu. Bagi Yanmar, pasar Asia Tenggara sangat penting.

Ini lantaran tingginya populasi dan luasnya lahan pertanian di negara-negara di kawasan tersebut. Apalagi, YM351A dan YM357A yang bermain di kelas menengah efektif membantu sektor pangan dalam menekan biaya dan memaksimalkan pendapatan. “Unit ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberikan nilai tambah bagi para petani di berbagai wilayah,” kata Yanmar Agribusiness Corporation President Hiroaki Kitaoka.

Dengan masuknya seri YM ke pasar traktor Asia Tenggara yang tengah berkembang, Yanmar siap memberikan sejumlah inovasi untuk pertanian pada abad ke-21 ini menuju peningkatan kualitas gaya hidup serta memberikan nilai tambah bagi para petani di berbagai wilayah,” ungkap Hiroaki Kitaoka.

Dengan mengedepankan inovasi dan teknologi, YM351A dan YM357A diyakini mampu meringankan kerja operator. Banyak petani Asia Tenggara menanam padi di sawah basah dan berbagai tanaman ladang kering, seperti jagung dan tebu.

“Lahan-lahan tersebut biasanya digarap kontraktor yang menginginkan penggunaan traktor ringan dengan tenaga 50-60 tenaga kuda yang efisien dan andal. Tujuannya, menurunkan biaya operasional dan memaksimalkan pendapatan mereka,” papar Hiroaki.

Pengembangan dua traktor terbaru ini mulai dikerjakan pada 2017 setelah Yanmar membeli 30% saham milik International Tractors Limited (ITL), manufaktur alat berat dari India. Dua traktor terbaru dari Yanmar ini melengkapi keunggulan produk sebelumnya. Salah satunya SMART-ASSIST Remote.

Teknologi ini memungkinkan penggunanya mengakses informasi dan data penting traktor melalui fitur intuitive user interface lewat smartphone. Baik YM351A maupun YM357A mempunyai rasio gear yang disesuaikan dengan kecepatan kerja, yakni 8 gear maju dan 8 gear mundur. Gear juga dipasang dengan sinkronisasi gearbox sebagai garansi ketika terjadi perubahan gigi, operasi traktor akan tetap mulus.

Selain itu, produk seri YM ini dilengkapi mesin diesel direct-injection TNV yang menghasilkan tenaga lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang rendah dan tahan lama. Baik YM351A maupun YM357A dipasarkan di Asia Tenggara pada awal tahun ini secara progresif, dilanjutkan pendistribusiannya ke pasar global.

Kedua andalan baru Yanmar ini nantinya dapat menjadi tulang punggung jajaran produk Yanmar di berbagai wilayah pada tahuntahun mendatang. Seri YM351A maupun YM357A hadir untuk membantu sektor pangan dalam menekan biaya dan memaksimalkan pendapatan dalam paket yang sangat fungsional dan menarik dengan menampilkan gaya terbaru.

Desain baru ini dirancang desainer terkenal dunia sekaligus Yanmar Holdings Director and Member of The Board Ken Okuyama. “Seluruh varian YM merupakan produk traktor yang dapat bekerja secara maksimal, baik di sawah basah maupun kering, sekaligus dapat mengangkut muatan,” papar President Director of PT Yanmar Diesel Indonesia Kai Yasuda.

Sebagai catatan, Yanmar memulai usaha mereka pada 1912 di Osaka, Jepang. Mereka merupakan perusahaan yang pertama kali berhasil membuat mesin diesel kompak dengan ukuran ringkas pada 1933. Dengan mesin diesel sebagai landasan perusahaan, Yanmar terus memperluas produk, layanan, dan keahlian untuk memberikan solusi total sebagai produsen peralatan industri, yakni penyedia mesin kecil dan besar, mesin dan fasilitas pertanian, peralatan konstruksi, sistem energi, kelautan, peralatan permesinan, dan komponen.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1099 seconds (0.1#10.140)