alexametrics

Mobile World Congress 2019

Bocoran yang Bikin Sedih dan Senang Seputar Handphone Baru Sony Xperia

loading...
Bocoran yang Bikin Sedih dan Senang Seputar Handphone Baru Sony Xperia
Sony akan melepas Xperia 1 (Xperia xz4) pada perhelatan MWC 2019 di Barcelona, besok. Foto/ist
A+ A-
BARCELONA - Render atau deretan gambar pertama tentang desain ulang handphone Sony berikutnya terungkap tiga bulan lalu, tapi perusahaan Jepang itu sukses menutup erat perangkatnya dari para pembocor industri seluler hingga gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 di buka hari ini di Barcelona, Spanyol.

Dan beberapa jam sebelum MWC, sumber terpercaya di internal perusahaan memberikan bocoran seputar smartphone yang akan dikenalkan Sony di Barcelona. Xperia XZ4 yang sebelumnya digembar-gemborkan akan dikenalkan ke publik pada akhirnya ditetapkan sebagai Sony Xperia 1.

Laman 91mobiles menyebutkan, seperti yang berulang kali digosipkan selama beberapa pekan terakhir, high-ender tersebut bergabung dengan duo mid-range yang terdiri dari Sony Xperia 10 dan 10 Plus, serta Xperia L3 entry-level. Perangkat bakal dikenalkan di Barcelona besok.



Sony Xperia 1
Bocoran yang Bikin Sedih dan Senang Seputar Handphone Baru Sony Xperia

Siapa yang butuh lubang dalam layar dan lekukan panning universal ketika mereka mendapat teknologi OLED HDR 4K yang canggih? Fitur itu memang pertama di dunia, tapi ingatlah Xperia XZ2 Premium menggunakan resolusi 4K dengan panel LCD berkualitas rendah, sementara Xperia XZ3 harus "puas" dengan hitungan 2880 x 1440 piksel pada layar OLED yang indah.

Dan sekarang semuanya disempurnakan ke dalam perangkat baru, Sony Xperia 1. Unit ini membawa tampilan "CinemaWide" seluas 6,5 inci dan diperkaya rasio aspek 21:9 yang tidak biasa hingga resolusi Ultra HD yang mengelilingi resolusi berkapasitas 4.000-piksel untuk mendukung HDR pada panel teknologi OLED.

Semua itu untuk membawa sesi menonton Netflix ke tingkat selanjutnya saat bepergian dan bisa membuat Anda menikmati kreasi video 4K HDR yang direkam dalam format 21:9. Hebatnya, semua itu bisa dilakukan dalam perangkat yang bisa disimpan ke ke dalam saku baju atau celana.

Sony Xperia 1 dibangun dalam balutan logam dan kaca premium, yaitu bodi tahan air dan debu, pemindai sidik jari yang dipasang di samping, dan baterai yang secara signifikan lebih kecil daripada yang dikabarkan. Sebab selama ini industri selalu skeptis terhadap prospek ponsel tipis yang mengemas sel baterai 4.000 mAh.Untuk Sony Xperia 1, baterainya dispekulasikan berkapasitas 3.300 mAh. Memang sedikit mengecewakan. Apalagi saat memikirkan layar yang berkualitas tinggi.

Sebelumnya, Xperia XZ3 hadir dengan baterai yang identik dan layar beresolusi lebih rendah. Namun yang memberikan hasil daya tahan keseluruhan yang standar.

Hal ini bisa ditutupi dengan prosesor Snapdragon 855 yang diharapkan bertanggung jawab atas kecepatan dan efisiensi energi. Kinerjanya makin menarik karena ditambah dengan RAM 6 GB.

Ini adalah jumlah memori yang cukup memadai untuk handset kelas atas yang juga menawarkan 128 GB untuk ruang penyimpanan internalnya. Ditambah port USB Type-C, OS Android 9.0 Pie, dan untuk pertama kalinya pada ponsel Sony, sebuah tiga unit kamera menghadap ke belakang.
Seperti ukuran baterai, ketiga penembak itu mungkin tidak semenarik yang semula dikabarkan, pada kameranya masing-masing memiliki 12 MP dan menangani tugas berbeda. Mulai fotografi normal, pemotretan sudut super lebar hingga trik telefoto, misalnya bokeh dan lainnya.
Bagaimana dengan harganya? Sony Xperia 1 kabarnya akan dilepas dengan harga Rp14 jutaan. Handphone-nya sendiri baru akan didistribusikan pada bulan Juni mendatang.

Sony Xperia 10 dan 10 Plus
Bocoran yang Bikin Sedih dan Senang Seputar Handphone Baru Sony Xperia

Sekuel duo Xperia XA2 tersebut akan dibanderol Rp5 juta dan Rp6,3 juta. Kedua mid-rangers ini menggunakan rasio aspek 21:9 ekstra tinggi milik Xperia 1 dan secara alami menurunkan resolusi layar ke Full HD + bagi Sony Xperia 10 seluas 6 inci.

Unit mengemas Snapdragon 630 SoC yang relatif standar, RAM 3 GB, dan baterai 2.870 mAh yang sebenarnya sangat tidak mengesankan. Sedangkan Xperia 10 Plus yang memiliki layar 6,5 inci sewajarnya memiliki spesifikasi di atasnya. Rinciannya prosesor Snapdragon 636, RAM 4 GB, dan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Sisi baiknya, kedua perangkat ini dilaporkan hadir dengan pengaturan kamera belakang ganda. Rinciannya 13 MP dan 5 MP sensor bagi Xperia 10 untuk 21: 9 dengan dukungan perekaman video dan efek bokeh. Sedangkan Sony Xperia 10 Plus membawa kamera belakang 12 MP dan 8 MP untuk fotografi bokeh dan zoom optik ganda.

Sony Xperia L3
Bocoran yang Bikin Sedih dan Senang Seputar Handphone Baru Sony Xperia

Perangkat terakhir tidak bisa dibahas lebih detail karena handset entry-level ini memang tak terlalu menarik untuk dibicarakan.

Dari sisi desain, Xperia L3 sudah ketinggalan zaman, prosesor MediaTek 6762 yang jauh dari ideal, dan Android Oreo. Anehnya, handphone datang dengan baterai 3.300 mAh lebih besar dari Xperia 10 dan 10 Plus, meskipun memiliki layar 5,7 inci yang lebih kecil dengan resolusi HD +.

Mereka diharapkan membawa pembaca sidik jari yang terpasang di samping, kamera 13 + 2 MP dual rear-facing shooter, dan RAM 3 GB. Nilai yang tidak terlalu buruk untuk perangkat berbiaya rendah.

Masalahnya adalah ada ponsel yang lebih baik di pasaran harganya direntang Rp2,1 juta dan Rp2,8 juta. Lalu berapa Anda memperkirakan harga dari Sony Xperia L3?
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak