alexametrics

GB500 TT, Jagoan Cafe Racer Honda yang Terkenal di AS dan Eropa

loading...
GB500 TT, Jagoan Cafe Racer Honda yang Terkenal di AS dan Eropa
HONDA GB500 TT. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Kehadiran GB1100 sejatinya bukan model Cafe racer pertama Honda yang muncul. Honda sendiri memiliki GB500 TT yang mempunyai gaya ala motor Eropa di tahun 1950-an.

Dari lahir, Honda GB500 TT ini sudah punya tampang cafe racer. Sementara di Amerika Serikat sendiri, GB500 TT sudah memenuhi aturan emisi negara tersebut.BACA JUGA: Dealer Suzuki di ASEAN Pastikan Jual Jimny Terbaru Maret 2019

Dengan pasar utama untuk domestik Amerika Serikat dan Jepang, model GB500 TT ini dibuat pada tahun 1989 sampai 1991.



Sedikit cerita dari terciptanya motor ini dimulai pada akhir dekade 1980-an. Dimana para motor dua silinder buatan Eropa khususnya Inggris sudah mulai tergantikan dengan mesin tiga silinder dan juga motor buatan Jepang. BACA JUGA : Bungkam PCX dan NMax, Suzuki Lebih Mantap Pakai Mesin 180cc?Hingga kemudian Honda mencoba untuk mengembalikan cita rasa mesin twin cylinder pada ajang balap Tourist Trophy di Isle of Man.

Dari sana terciptalah Honda GB500 atau juga mendapat sebutan Honda Tourist Trophy, yang memiliki cita rasa motor Inggris jadul.

Jangan heran kalau wujudnya mirip dengan motor-motor balap Inggris lansiran Norton maupun Triumph.
BACA JUGA: Ninja Listrik akan Dibawa Kawasaki ke EICMA 2019

Honda memang sedang menggalakkan konsep Neo Sports Cafe sejak di Paris Motor Show 2018. Setelah memperkenalkan CB1000R tahun lalu, kali ini Honda memastikan Neo Sports Cafe sebagai pengganti CB650F.

Neo Sports Cafe secara visual adalah model telanjang alias motor naked, dan karena sebagai penerus CB650F, maka mesin SINDOnews menduga akan sama dengan mesin 649cc inline sama dengan yang digunakan di Honda CB650F saat ini.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak