alexametrics

'Duel' Realme C1 (2019) dan Huawei Y7 Pro 2019, Siapa Paling Menarik?

loading...
Duel Realme C1 (2019) dan Huawei Y7 Pro 2019, Siapa Paling Menarik?
Dua vendor besar yang juga aktif menggarap segmen entry-level adalah Huawei dan Realme. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Pangsa pasar paling besar di industri seluler Tanah Air masih di segmen smartphone entry-level. Tak heran, banyak pabrikan melempar beragam handphone cerdasnya untuk menyasar konsumen di segmen harga terjangkau, kalau tak mau dibilang murah.

Imbasnya pertarungan antar-vendor smartphone di segmen ini kian sengit. Sebab, sejumlah vendor besar turun di segmen ini untuk memperebutkan simpati konsumen. Dua vendor besar yang juga aktif menggarap segmen entry-level adalah Huawei dan Realme.
'Duel' Realme C1 (2019) dan Huawei Y7 Pro 2019, Siapa Paling Menarik?

Keduanya sama-sama memiliki produk andalan yang membidik konsumen dengan bujet terbatas di awal 2019 ini. Huawei dengan Y7 Pro 2019, sementara Realme mengandalkan Realme C1 (2019).

Dua perangkat tersebut bersaing ketat di pasaran dengan mengadalkan fiturnya masing-masing. Lalu apa saja perbadingan fitur antara kedua smartphone ini?

Menyoal Desain
'Duel' Realme C1 (2019) dan Huawei Y7 Pro 2019, Siapa Paling Menarik?

Desain merupakan salah satu unsur penting di sebuah smartphone yang bisa membuat konsumen melirik. Hal itu disadari betul oleh oleh Realme pada Realme C1 (2019).



Satu hal yang cukup menonjol adalah sisi elegan yang terdapat di Realme C1 (2019). Desain cover Realme C1 terdiri dari 12 lapisan laminasi nano, 2.5D back plate, lebih kuat, dan lebih tahan terhadap abrasi dan goresan.

Bodi Realme C1 (2019) juga cukup kompak dengan ketebalan 8,2 mm dan bobot 168 gram. Dimensi yang pas membuat smartphone ini nyaman untuk digenggam.

Bagaimana dengan Huawei Y7 Pro 2019? Dengan cover belakang yang agak membundar, Huawei Y7 Pro terasa licin ketika digenggam. Kendati demikian, efek berkilauan yang ada di cover belakangnya membuatnya terkesan mewah.

Untuk desain, hal yang cukup disayangkan adalah cover belakang berbahan polycarbonat. Penggunaannya membuat handset mudah kotor terkena sidik jari pengguna. Hal itu bisa saja diakali dengan penggunaan casing.

Layar yang Menggoda
'Duel' Realme C1 (2019) dan Huawei Y7 Pro 2019, Siapa Paling Menarik?

Realme C1 (2019) mengusung layar berponi alias dengan layar 6,2 inci. Terapan ini memungkinkan pengguna untuk melihat konten multimedia secara imersif. Layarnya memiliki rasio 88,8% yang menjamin kenyamanan mata pengguna saat memanfaatkan layar tersebut.

Tak sekadar lebar, layar Realme C1 juga sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass generasi ketiga yang mampu melindungi dari potensi goresan.

Sedangkan Huawei Y7 Pro 2019 menggunakan Layar Dewdrop 6,26 inci lebar dengan resolusi resolusi 1520 x 720 memperlihatkan saturasi yang lebih besar. Di layarnya juga terdapat takik berbentuk tetesan air untuk konten multimedia yang lebih lapang.

Kapasitas Baterai
Realme C1 (2019) mengusung baterai berkapasitas besar untuk menyokong aktivitas pengguna selama seharian. Dengan baterai 4.230 mAh, Realme C1 dapat memainkan musik hingga 18 jam, memutar video hingga 15 jam, gaming hingga 10 jam, dan browsing sampai 18 jam.

Baterainya juga dilengkapi oleh teknologi AI Power Master yang dapat membuat manajemen daya lebih efisien. Alhasil, pengguna dapat lebih tenang ketika menggunakan Realme C1 selama seharian.

Sedangkan kompetitornya, Huawei Y7 Pro 2019 menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang sudah dilengkapi oleh teknologi AI. Sehingga konsumsi daya baterai dapat berjalan lebih efisien.

Teknologi Kamera
'Duel' Realme C1 (2019) dan Huawei Y7 Pro 2019, Siapa Paling Menarik?

Sebagai sebuah smartphone entry-level berkualitas, Realme C1 (2019) sudah memiliki lensa kamera ganda di bagian belakang 13 MP + 2 MP. Kamera gandanya dipadukan dengan algoritma software untuk meningkatkan hasil foto secara lebih baik.

Di bagian depan, Realme C1 menggunakan sensor 5 MP dengan AI Beauty yang mampu mengidentifikasi 296 titik pengenalan. Teknologi ini Intelligent AI Beauty akan merekam dan mempelajari kebiasaan pengeditan foto pengguna di galeri foto dan menerapkan kebiasaan mengedit tersebut saat mengambil foto juga mampu mengenali jenis kelamin, usia, warna kulit, dan bahkan jenis kulit.

Sementara Huawei Y7 Pro 2019 menggunakan kamera depan 8 MP yang sudah memiliki fitur retouching. Di bagian belakang, disematkan kamera ganda 13 MP + 2 MP yang sudah disematkan AI. Kamera AI diklaim dapat mengenal 500 adegan secara real time.

Dari paparan di atas, kira-kira handphone mana yang akan Anda pilih?
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak