alexametrics

Tahun 2003, Ternyata Motorola Hampir Beli Huawei Senilai USD7,5 Miliar

loading...
Tahun 2003, Ternyata Motorola Hampir Beli Huawei Senilai USD7,5 Miliar
Chief Operating Officer Motorola Mike Zafirovski, Kepala Bisnis perusahaan China, Larry Cheng, dan pendiri Huawei Ren Zhengfei saat membicarakan akuisisi kedua perusahaan. Foto/ist
A+ A-
CHICAGO - Seluruh pasar smartphone akan terlihat berbeda hari ini seandainya Motorola dan Huawei menindaklanjuti kesepakatan keduanya pada 2003.

Sebuah surat persetujuan yang ditandatangani oleh kedua perusahaan pada akhir 2003 menyerukan akuisisi Huawei oleh Motorola sebesar USD7,5 miliar. Kisah luar biasa ini diterbitkan hari ini di The Financial Times, termasuk foto Chief Operating Officer Motorola Mike Zafirovski dan Kepala Bisnis perusahaan China, Larry Cheng. Mereka berjalan di salah satu pantai di China bersama pendiri Huawei Ren Zhengfei. Ren baru berusia 49 tahun ketika foto itu diambil.

Laman Phone Arena menyebutkan, kesepakatan ini belum pernah terungkap sebelum hari ini. Pada saat itu Motorola hanya tertarik pada Huawei untuk bisnis peralatan jaringannya.



Produk seperti Mate 20 Pro masih 15 tahun lagi lahir sejak kesepakatan itu dibuat. Begitu juga Motorola DROID masih enam tahun lagi diciptakan, walaupun penjualan besar ponsel flip RAZR perusahaan kurang dari satu tahun sejak diluncurkan.

Bahkan saat itu, Huawei dikaitkan dengan kualitas ketika Motorola Zafirovski ditemukan berbicara dengan teman-teman di Emerson Electric. Eksekutif berpikir bahwa dengan kesepakatan ini, Motorola dapat mengubah 1 +1 menjadi 5.

Setelah Zafirovsky dilewati untuk posisi CEO di Motorola, kesepakatan itu "terbunuh" karena keengganan perusahaan AS untuk membayar apa yang dianggap sebagai harga tinggi untuk perusahaan asing yang tidak dikenal. Selain itu, ketentuan kesepakatan mengharuskan Motorola untuk membayar sebagian besar biaya untuk memperoleh Huawei di muka.

Pada saat itu, Pemerintah China tidak mendukung Huawei. Ini tidak terjadi sampai perusahaan menjadi kisah sukses internasional.

Seperti yang kita ketahui sekarang, Motorola akhirnya menjual lebih dari 130 juta RAZR dan memulai Androidmania ketika merilis DROID pada November 2009. Perusahaan itu lalu dijual ke Google dengan harga USD12,5 miliar pada 2011 dan berpindah tangan ke Lenovo kurang dari tiga tahun kemudian.

Untuk diketahui, Huawei menerima pendapatan USD108,5 miliar pada tahun lalu. Di samping itu kini mereka menjadi produsen smartphone terbesar kedua di dunia, plus tercatat sebagai pemasok peralatan jaringan terbesar di dunia.

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi seandainya kesepakatan itu tercapai, tetapi seorang eksekutif senior Motorola di Hong Kong mengatakan, "Tidak jelas apakah Huawei bisa menyelamatkan Motorola atau Motorola pada akhirnya akan menghancurkan Huawei."
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak