Hasil Riset Buktikan Tidur 'Balas Dendam' di Weekend Bahayakan Kesehatan

Sabtu, 02 Maret 2019 - 17:00 WIB
Hasil Riset Buktikan Tidur Balas Dendam di Weekend Bahayakan Kesehatan
Hasil Riset Buktikan Tidur 'Balas Dendam' di Weekend Bahayakan Kesehatan
A A A
JAKARTA - Kebanyakan kita menggunakan masa akhir pekan untuk menebus jam tidur yang hilang selama sepekan bekerja. Namun hal ini justru berdampak buruk bagi kesehatan pelakunya.

Sebab hal ini bisa menyebabkan peningkatan kudapan larut malam, kenaikan berat badan, dan penurunan respons terhadap insulin.

Temuan ini dilaporkan para peneliti pada 28 Februari lalu di Current Biology. "Pesan yang dibawa pulang pada dasarnya adalah bahwa Anda tidak dapat menebus penyalahgunaan jam tidur dengan tidur beberapa jam lagi di akhir pekan," ungkap Paul Shaw, seorang ilmuwan saraf di Washington University St. Louis seperti dilansir dari situs ScienceNews. "Ini tidak sesederhana mengatakan, 'Oh, jika aku tidur di akhir pekan, aku akan lebih baik'."

Sejak 1990-an, para ilmuwan telah memahami, kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan metabolisme seseorang, menyebabkan perubahan perilaku dan fisiologis yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2. Namun pada 2014, sekitar 35% orang dewasa Amerika melaporkan tidur kurang dari yang disarankan tujuh jam per malam, menurut data terbaru yang tersedia dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Akhir pekan mungkin tampak seperti waktu yang ideal untuk tidur, tapi tidak jelas apakah itu bisa berhasil. Karena itu, Christopher Depner, ahli fisiologi tidur di University of Colorado Boulder, dan rekan-rekannya menempatkan tiga kelompok orang dewasa muda di usia pertengahan 20-an melalui rejimen tidur yang berbeda selama kurang lebih dua minggu.

Satu kelompok tidur sekitar delapan jam setiap malam, yang lain mendapat kira-kira lima jam semalam. Sedangkan yang ketiga mendapat sekitar lima jam pada malam hari, tidur kapan saja dan sebanyak yang mereka inginkan selama akhir pekan.

Pemulihan akhir pekan biasanya begadang hingga tengah malam atau pukul 01.00 malam Jumat, Sabtu malam dan tidur hingga pukul 11.00 siang hari. Tetapi mereka juga begadang pada hari Minggu, tidur sekitar enam jam menuju hari kerja.

Para peneliti menemukan, secara kumulatif selama akhir pekan, masing-masing hanya mendapat sekitar 1,1 jam lebih dari siklus tidur alami mereka. Ini mengindikasikan mereka membutuhkan antara Jumat dan Minggu malam.

"Jadi mereka memang mendapatkan tidur tambahan," kata Depner, tetapi tidak cukup untuk memulihkan tidur yang hilang selama minggu kerja.

Dan, seperti kelompok yang terlalu sedikit tidur setiap malam, orang yang menginap di akhir pekan mendapatkan sesuatu yakni berat badan. "Kurang tidur mengganggu hormon pengontrol nafsu makan seperti leptin," kata Depner.

Dan pergeseran dalam jam biologis alami akhir pekan tidur jam kemudian menyebabkan mereka menjadi lapar. Selama pekan kerja, kedua kelompok mengonsumsi sekitar 400-650 kalori dalam camilan larut malam, seperti pretzel, yogurt, dan keripik kentang. Pada akhir percobaan, orang-orang di kedua kelompok telah memperoleh rata-rata sekitar 1,5 kilogram.

Tetapi ketika datang ke sensitivitas insulin, kedua kelompok berbeda. Sensitivitas di semua jaringan tubuh pada kelompok pemulihan akhir pekan turun sekitar 27% dibandingkan dengan sensitivitas awal mereka yang diukur pada awal percobaan.

Hal itu jauh lebih buruk daripada penurunan 13% pada mereka yang secara konsisten kurang tidur. Dan orang yang tidur di akhir pekan adalah satu-satunya yang mengalami penurunan yang signifikan dalam sel-sel hati dan otot -keduanya penting untuk pencernaan makanan- setelah akhir pekan berusaha mengejar tidur.

"Itu sangat tak terduga," kata Depner. Bersepeda antara minggu tanpa tidur dan akhir pekan pemulihan bisa "memiliki beberapa konsekuensi kesehatan yang negatif di dalam dan dari dirinya sendiri".

Peter Liu, seorang ahli endokrin tidur di UCLA, mempertanyakan apakah hasil ini dapat diterapkan secara luas, terutama pada orang-orang yang secara kronis kurang tidur. Dia menemukan bahwa tidur beberapa jam bermanfaat untuk sensitivitas insulin dalam penelitiannya terhadap orang yang dilaporkan tidak cukup tidur. "Ini bukan kata terakhir pada topik penting ini," katanya.

"Tetapi istirahat adalah pilar ketiga dari gaya hidup sehat: tidur, olahraga, dan diet," kata Liu. "Sama seperti kamu tidak akan mengatakan kepada seseorang, kamu harus melakukan diet yang baik dari Senin sampai Jumat, tetapi pada akhir pekan kamu bisa makan apa pun yang kamu suka. Saya pikir itu prinsip yang sama di sini dengan tidur."
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7613 seconds (0.1#10.140)