alexametrics

Masuki Era 5G, VMware Hadirkan Infrastruktur Komunikasi Kian Digdaya

loading...
Masuki Era 5G, VMware Hadirkan Infrastruktur Komunikasi Kian Digdaya
Vmare menyatakan kesiapannya membantu operator menghadirkan telekomunikasi berbasis 5G. Foto/ist
A+ A-
BARCELONA - VMware, Inc. menggelar beragam inovasi mutakhir yang siap mendukung perusahaan penyedia layanan komunikasi atau communications services providers (CSP) dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dihadirkan oleh 5G.

Beragam inovasi canggih ini diyakini juga dapat mendukung CSP untuk terus melaju. Bahkan menjadi yang terunggul di kancah persaingan ekonomi cloud yang sudah ada di depan mata.

Pada event Mobile World Congress di Barcelona, baru-baru ini, VMware juga mengumumkan sejumlah kesepakatan baru untuk menjalin kerja sama yang lebih luas bersama AT&T dan Vodafone, serta mengumumkan aliansi baru bersama Ericsson dan T-Systems. “Kesepakatan tersebut kian menguatkan posisi VMware sebagai mitra strategis yang telah teruji dalam mendukung terwujudnya transformasi cloud di sektor telekomunikasi,” ucap Shekar Ayyar, Executive Vice President, Strategy and Corporate Development and General Manager, Telco NFV Group, VMware.



Lebih lanjut dikatakan, penyedia layanan komunikasi dituntut untuk melakukan transisi ke cloud telko yang tervirtualisasikan dengan cakupan hingga ke jaringan. Begitu pula dengan tim IT.

“Mereka juga dituntut untuk memiliki keandalan dan kapabilitas yang mumpuni dalam mengoptimalkan seluruh keunggulan 5G, sekaligus mampu mengantisipasi dan mengatasi munculnya potensi risiko,” katanya lagi.

VMware menghadirkan platform 5G Telco Cloud yang merupakan salah satu solusi paling komprehensif di industri saat ini. Platform VMware Telco Cloud juga telah dioptimalisasikan agar tetap mumpuni dalam mendukung 3G dan 4G. VMware Telco Cloud menjadi satu-satunya arsitektur yang sekaligus mampu menyokong kedua jenis jaringan tersebut, guna membekali para penyedia layanan komunikasi dalam menyongsong kehadiran infrastruktur yang telah “Siap 5G” secara lebih cepat.

“5G saat ini tengah berada di titik balik paling signifikan bagi CSP, dan strategi-strategi perencanaan yang di lakukan sekarang, di masa depan bisa punya dampak finansial dan kompleksitas operasional bagi CSP,” tutur Shekar Ayyar.

Lebih lanjut dikatakan, dengan ditinggalkannya model arsitektur kaku dan hanya bertumpu pada peranti keras saja dan beralih ke arsitektur tervirtualisasi penuh, maka telko akan dapat menghadirkan layanan bernilai tambah dengan performa yang meningkat.

“Ditambah efisiensi operasional jaringan yang makin baik. Hal ini menjadi modal utama bagi mereka dalam memenangkan persaingan di kancah industri tersebut. VMware menghadirkan fondasi terbaik untuk cloud telko yang siap 5G,” tuturnya.

Dukung Migrasi ke 5G dengan Mulus
VMware juga mengumumkan serangkaian solusi mutakhir yang mencakup seluruh portofolio telko yang dimiliki oleh VMware. Solusi-solusi tersebut mendukung operator dalam melakukan migrasi ke 5G tanpa menimbulkan gangguan performa dan strategi monetisasi pada jaringan yang telah ada.

Solusi-solusi mutakhir yang diusung oleh VMware tersebut difokuskan pada peningkatan jaminan layanan dan virtualisasi jaringan. Ini bentuk komitmen dari VMware terhadap operator dalam mendorong kesiapan 5G dan memperkokoh infrastruktur cloud telko di lingkungan mereka.

“Di antaranya, VMware Smart Assurance 10 yang mengusung solusi terintegrasi dengan VMware vCloud Network Function Virtualization (NFV) secara penuh, beserta VMware NSX-T Data Center mutakhir yang diorientasikan untuk carrier, sebagai fondasi platform NFV yang kokoh bagi CSP,” sebutnya.

Lalu VMware NSX-T 2.4 mutakhir yang menyuguhkan cloud-scale tingkat tinggi, kemudahan dalam operasi, resiliensi, serta performa tinggi. Solusi tersebut juga telah mendukung IPv6, kecepatan stabil nyaris sempurna, ketersediaan serta skalabilits tinggi untuk puluhan ribu jaringan unik per NSX-T Data Center instance.

“VMware juga berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah mitra yang telah mengantongi sertifikasi melalui program NFV Certification program. Bagi CSP, program tersebut membantu mereka dalam merealisasikan komitmen bahwa solusi-solusi VNF dari mitra-mitra VMware akan dapat digelar, dijalankan, serta dioperasikan pada VMware vCloud NFV secara mudah dan efektif,” katanya.

VMware sendiri telah memberikan sertifikasi kepada lebih dari 105 Virtual Network Functions dari 85 vendor di seluruh dunia. Luasnya ekosistem mitra-mitra VMware yang telah tersertifikasi menjadi jaminan bagi CSP dalam menghapus kendala pada proses pengimplementasian NFV.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak