NASA Prediksi Awan di Langit Akan Musnah Akibat Pemanasan Global

Minggu, 03 Maret 2019 - 20:05 WIB
NASA Prediksi Awan di Langit Akan Musnah Akibat Pemanasan Global
NASA Prediksi Awan di Langit Akan Musnah Akibat Pemanasan Global
A A A
NEW YORK - Ilmuwan NASA yakin suatu saat nanti, awan di Bumi bisa menghilang, dan kondisi ini menyebabkan suhu turun drastis karena awan yang seharusnya berfungsi sebagai selimutnya bumi ini akan menahan larinya energi panas ke atmosfer, akhir akhir ini tidak terjadi.

Diprediksi dalam satu abad lagi, jika pemanasan global terus memburuk, awan akan menghilang dampak dari hilangnya awan juga cukup mematikan, akan ada kepunahan massal yang menyelimuti planet Bumi. Penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Natural Geoscience. BACA JUGA: Fisikawan Paling Dihormati Dunia Temukan Teori Tentang Tuhan Itu Ada

Tapio Schneider, peneliti utama proyek yang tergabung di California Institute of Technology dan NASA Jet Propulsion Laboratory mengemukakan sebuah skenario terburuk. Secara khusus, perhitungan superkomputer yang baru menemukan bahwa begitu konsentrasi karbon dioksida atmosfer mencapai 1200 PPM (Part Per Million), skenario terburuk akan terjadi.

Seperti dilansir dari skepticalscieenc, ketika mencapai kondisi itu, awan di Bumi akan lenyap dan dunia akan cepat memanas. Peristiwa kepunahan massal yang terjadi sekitar 56 juta tahun yang lalu dapat terulang kembali. Saat ini, karbon dioksida atmosfer Bumi rata-rata berada pada 410 PPM.

Namun berdasarkan ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil, atmosfer dapat mencapai ambang batas 1.200 PPM dalam satu abad. Saat karbon terakumulasi di atmosfer, ia memecah awan stratocumulus yang diketahui dapat mendinginkan planet Bumi.

Awan-awan lain seperti stratus, cirrus tipis, dan nimbus juga dapat terurai ketika karbon dioksida memuncak. Dengan hilangnya awan-awan di Bumi, suhu global akan dengan cepat melonjak hingga 8 derajat Celcius.

Hilangnya Awan di Bumi, dampak proyeksi yang paling signifikan padaalbedoadalah melalui pemanasan global di masa depan.Dengan pengecualian lautan es Antartika, baru-baru ini meningkat 1% per tahun, hampir semua es di planet ini mencair.Sebagaimana permukaan putih menurun di suatu daerah, maka akan lebih sedikit energi yang dipantulkan ke angkasa, dan bumi akan menjadi lebih hangat.

Hilangnya es Arktik menjadi perhatian khusus.Es menghilang cukup cepat;tidak hanyaalbedomenurun, namun kerugian memicu umpan balik positif.Dengan mengekspos permukaan laut pada sinar matahari, air akan lebih hangat.

Ini mencairkan es dari bawah, sementaraCO2buatan manusia di atmosfer menghangatkan permukaan.Kelembaban juga meningkat;uap air merupakan gas rumah kaca yang kuat.Oleh karena itu lebih banyak es mencair, yang memperlihatkan lebih banyak air, yang mencairkan lebih banyak es dari bawah.

Lingkaran ini adalah bahan bakar itu sendiri, efeknya mendapatkan lebih banyak dan lebih jelas.Ini adalah contoh yang baik dari umpan balik positif.Peningkatan uap air juga memiliki efek lain, yaitu untuk meningkatkan jumlah awan.Seperti yang sudah disebutkan, awan dapat meningkatkanAlbedo(umpan balik negatif), tetapi juga pemanasan (umpan balik positif).

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7432 seconds (0.1#10.140)