alexametrics

Gacha Bus Tanpa Sopir Handal untuk Segala Cuaca

loading...
Gacha Bus Tanpa Sopir Handal untuk Segala Cuaca
Bus Gacha. FOTO/ Ist
A+ A-
HELSINKI - Bus tanpa sopir yang disebut 'Gacha' pertama kali diperlihatkan kepada publik di Helsinki, Finlandia. Diciptakan oleh keahlian gabungan dari perusahaan Jepang, Muji dan Sensible 4 dari Finlandia, 'Gacha' dikatakan sebagai kendaraan pertama di dunia yang mampu dikendarai dalam semua kondisi cuaca terutama selama musim dingin di Finlandia.

Muji dan Sensible 4 sedang menyiapkan shuttle bus tanpa supir yang dinamakan dengan Gacha. Bus tanpa supir itu diklaim sebagai kendaraan otonom pertama di dunia yang dapat berfungsi di semua kondisi cuaca.

Dalam kerja sama tersebut, Muji mengembangkan pengalaman teknologi bus antar jemput dan estetika desain yang keren. Sementara Sensible 4 menyediakan teknologi kendaraan otonom termasuk navigasi dan sensor pendeteksi hambatan.



Sensor tersebut diklaim dapat berfungsi di dalam semua kondisi cuaca, termasuk hujan lebat, kabut, dan salju. Mereka bahkan akan melakukan uji coba di daerah Arktik untuk mengetahui kemampuan kendaraan otonom.

Sensible 4 dan Muji akan memastikan bahwa bus tanpa supir Gacha dapat dioperasikan di segala kondisi termasuk di lingkungan bersuhu ekstrem.

Gacha akan langsung beroperasi di wilayah Helsinki, Finlandia namun masih dalam tahapan pengawasan. Selanjutnya, bus tanpa supir akan melayani 3 kota Finlandia lain dalam beberapa bulan setelahnya. Jika tes berjalan lancar, perusahaan akan mengembangkan lebih banyak armada Gacha.

Mereka akan memproduksi bus tanpa supir dalam jumlah banyak di tahun 2020. Muji dan Sensible 4 berharap bahwa bus tanpa supir bisa menjadi transportasi pilihan utama di tahun 2021.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak