Bangun Android Q, Google Gandeng Lebih Banyak Vendor Smartphone

Senin, 11 Maret 2019 - 10:00 WIB
Bangun Android Q, Google Gandeng Lebih Banyak Vendor Smartphone
Bangun Android Q, Google Gandeng Lebih Banyak Vendor Smartphone
A A A
MOUNTAIN VIEW - Pembangunan software terbaru Google, Android Q akan melibatkan banyak vendor smartphone. Bahkan lebih banyak dari versi sebelumnya, Android 9 Pie.

Insinyur Android Google, Illiyan Malchev, mengatakan dalam podcast, generasi baru proyek Android Beta akan mencakup lebih banyak vendor. Sistem Google Android Pie yang dirilis tahun lalu bekerja sama dengan beberapa vendor.

Pada saat itu, sambung dia, itu menjadi sistem pertama yang bekerja sama dengan delapan vendor termasuk Pixel. Set pertama model untuk mendapatkan sistem Android 9 Pie, termasuk di dalamnya Essential PH-1, Nokia 7 Plus, OnePlus 6, Oppo R15 Pro, Sony Xperia XZ2, Vivo X21, dan Xiaomi Mix 2S.

Dengan kata lain, ketika versi Android Q Beta akan dirilis pada bulan Mei tahun ini, maka jumlah model/vendor yang berpartisipasi bakal lebih banyak lagi. Google berharap Huawei dan Samsung juga akan bergabung.

Laman Giz China, menyebutkan, saat ini, Android Q GSI (Generic System Image) sudah tersedia bahkan sebelum Android 10 Developer Preview Build. Pengguna Android dengan ponsel yang didukung Project Treble dapat mem-flash gambar GSI ke perangkat mereka.

Dikatakannya, sistem Android Q menjanjikan kemampuan menghadirkan kinerja perangkat yang lebih lancar dengan fitur-fitur terbaru. Antara lain, Mode Gelap, Mode Desktop, dan lainnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0103 seconds (0.1#10.140)