YouTube Music dan YouTube Premium Sambangi India

Rabu, 13 Maret 2019 - 18:01 WIB
YouTube Music dan YouTube Premium Sambangi India
YouTube Music dan YouTube Premium Sambangi India
A A A
NEW DELHI - Google telah mengumumkan bahwa YouTube Music, YouTube Music Premium, dan YouTube Premium telah resmi meluncur di India. Layanan tersebut bergabung dengan Google Play Music dan Google Play Movies yang lebih dulu tiba pada 2017.

India dinilai sebagai negara yang banyak sekali mengonsumsi musik di YouTube. Menurut laporan lembaga riset Nielen, sejak 2018 YouTube menjadi sumber utama negara ini untuk melakukan streaming musik.

Hal tersebut merupakan dampak dari smartphone murah dikombinasikan dengan harga paket data di India yang murah. Dari situ terdapat jutaan pengguna internet baru yang melakukan streaming musik. Seolah tak ingin melewatkan kesempatan, YouTube ingin memperluas pasar di India.

Layanan YouTube yang baru diperkenalkan ini akan bersaing dengan sejumlah platform streaming lainnya di India, termasuk Amazon Music, Apple Music, JioSaavn, Gaana, dan Spotify, yang memasuki pasar India bulan lalu.

Dilansir laman The Verge, Rabu (13/3/2019) di India, versi YouTube Music yang didukung iklan akan gratis, sedangkan untuk YouTube Music Premium dan YouTube Premium masing-masing akan dikenakan biaya 99 rupe dan 129 rupee perbulan. Tarif ini adalah tarif termurah secara global, tetapi setara dengan biaya layanan streaming lainnya di India.

Bagi yang berlangganan YouTube Premium akan mendapatkan fitur seperti kemampuan untuk memutar video saat menjalankan aplikasi lain, unduhan offline, akses ke YouTube Originals, dan YouTube Music Premium yang dibundel.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8062 seconds (0.1#10.140)