alexametrics

Ibaratkan KPU Rumah, BSSN Sebut Hanya Berjaga di Luar

loading...
Ibaratkan KPU Rumah, BSSN Sebut Hanya Berjaga di Luar
Ilustrasi Hackers FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Terkait kabar peretasan sistem IT Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diretas oleh pihak luar, Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) membentuk tim satuan tugas untuk melakukan langkah mitigasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama, Syahrul Mubarak dalam sebuah pertemuan media di kantor BSSN di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

"Kami punya satgas khusus internal BSSN yang akan menyampaikan report terkait kelemahan sistem dan potensi ancaman yang dihadapi KPU," jelasnya.



Lebih lanjut ia mengibaratkan bahwa KPU adalah sebuah rumah dan BSSN berada di luar rumah tersebut. Kejadian yang berada di dalam rumah itu bukan lagi menjadi ranah BSSN. Menurut Syahrul pihaknya harus izin jika ingin masuk ke dalamnya.

"Saya ibaratkan KPU sebagai rumah, kami di luar rumah siapkan cctv jendela pintu dan tralis dan lihat orang lalu lalang. Kalau di dalam rumah itu ada apa saja yang dilakukan itu jarus minta izin ke KPU," imbuhnya.

Meski begitu, ia mengatakan KPU selalu berkoordinasi dengan BSSN. Selain itu juga mengklaim KPU siap melaksanakan Pemilu bulan depan.

"Kondisi KPU selalu berkoordinasi dengan kami. KPU siap melaksanakan Pemilu, kami akan terus mengawal," kata dia

Sekedar informasi, sistem IT milik KPU terus menerus diretas oleh pihak asing, hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arief Budiman
(wbs)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak