Soal Lahirkan 3.500 Startup, Menkominfo Tegaskan Sangat Mungkin

Senin, 18 Maret 2019 - 19:00 WIB
Soal Lahirkan 3.500 Startup, Menkominfo Tegaskan Sangat Mungkin
Soal Lahirkan 3.500 Startup, Menkominfo Tegaskan Sangat Mungkin
A A A
JAKARTA - Dalam acara debat pemilu putaran ke-3 yang digelar Minggu malam (17/3) calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, Ma'ruf Amin, melontarkan bahwa ia menargetkan 3.500 perusahaan rintisan atau startup pada 2024.

Menanggapi soal hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa target itu bisa saja terjadi. Ia mengaku bahwa saat ini mendirikan startup sangatlah mudha.

"Oh sangat mungkin. Kalau sekarang startup sudah ada ribuan. Siapa saja udah bisa jadi startup di republik ini tanpa minta izin cukup registrasi," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Senin (18/3/2019)

Namun, ia juga mendorong para startup, khususnya bagi para pemula untuk bisa melewati proses yang benar seperti melalui inkubasi dan akselerasi.

“Jadi nanti mereka (startup) siap untuk pendanaan series berikutnya, bukan hanya berdasarkan seed capital. Karena kalau cuma seed capital udah ribuan sekarang,” imbuhnya.

Saat ini, sambungnya, Kominfo sendiri masih menjalankan program 1000 Startup. Menurut data terakhir, sudah ada 584 startup yang ikut program tersebut.

Dengan begitu, para startup yang sudah melewati proses inkubasi dan akselerasi ini mereka akan siap untuk mendapatkan pendanaan agar perusahaan mereka bisa berkembang.

“Nanti akan masuk pendanaan level series E. Karena investor biasanya melihat apakah startup udah melewati inkubasi dan akselerasi. Nah yang ikut program 1000 startup itu sudah melewati proses itu,” tambah Rudiantara.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5305 seconds (0.1#10.140)