alexametrics

Ujicoba Palapa Ring, Menkominfo Video Call dengan Petinggi Daerah 3T

loading...
Ujicoba Palapa Ring, Menkominfo Video Call dengan Petinggi Daerah 3T
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. FOTO/ SINDONews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara melakukan ujicoba jaringan internet cepat Palapa Ring. Dibagi ke dalam tiga paket wilayah yakni barat, tengah dan timur dijanjikan secara keseluruhan dijanjikan bakal selesai dibangun pada pertengahan 2019 ini.

Bertempat di kantor Kemkominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menyelenggarakan uji coba internet cepat dengan melakukan kegiatan video conference dengan sejumlah pimpinan daerah di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang kini sudah dijangkau Palapa Ring.

Rudiantara melakukan panggilan video ke Kabupaten Pulau Morotai, Natuna, dan Sorong.



Dalam perbincangan dengan perwakilan kepala daerah di tiga kabupaten tersebut, Rudiantara mengatakan, semua sekolah dan fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia akan dihubungkan dengan internet berkecepatan tinggi.

"Untuk satelit kecepatan tinggi pada 2022, proses sudah dilakukan, tetapi konektivitas untuk sekolah, puskesmas, kantor desa, koramil, dan polsek di Kabupaten bisa dimulai sebelum 2022," ujarnya saat video conference di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Masih dikesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Chief RA ini juga melakukan panggilan video dengan dua nelayan yang sedang berada di tengah laut yakni Sahidan dan Safarudin.

Menurut dia, Internet di tengah laut dirasa penting bagi nelayan yang pergi melaut. Pasalnya menurut Menkpminfo selama ini sering terjadi kasus nelayan yang hilang dan tidak bisa pulang ke rumah karena tidak tahu arah.

"Saat saya ke Lombok, tiap tahun ada laporan nelayan hilang karena tidak tahu arah saat sedang berlayar di laut," pungkasnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak