Motor Buatan Indonesia Gas Pool di Ajang Balap Dunia

Sabtu, 23 Maret 2019 - 09:01 WIB
Motor Buatan Indonesia Gas Pool di Ajang Balap Dunia
Motor Buatan Indonesia Gas Pool di Ajang Balap Dunia
A A A
JAKARTA - Musim balap 2019 sudah mulai bergulir. Yamaha Indonesia tidak hanya menurunkan para pembalap muda potensialnya di ajang kejuaraan balap internasional, tetapi turut menampilkan line up motor buatan dalam negeri yaitu New MX-King 150 dan New YZF-R25 yang siap bertarung di Asia Road Racing Championship serta New YZF-R3 di WorldSSP300.

Kehadiran motor-motor tersebut di pentas kejuaraan dunia tentunya menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia, karena produk buatan anak negeri terbukti memiliki mutu kualitas yang baik dan mampu bersaing secara global termasuk pada ajang balap sekalipun.

“Pada musim balap 2019 Yamaha Indonesia tidak hanya menampilkan para pembalap muda potensialnya ke pentas internasional tetapi turut menurunkan motor-motor buatan dalam negeri yaitu New MX-King 150, New YZF-R25 dan New YZF-R3. Kehadiran motor-motor tersebut menjadi sangat penting karena dapat menggambarkan tingginya kualitas produk Yamaha dan membuat konsumen semakin bangga untuk memiliki motor Yamaha sebagai partner berkendara mereka, Untuk Merah Putih Semakin Di Depan !” terang Yordan Satriadi selaku Deputy GM Marketing, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg dalam keterangan tertulisnya di Jakarta

NEW MX KING 150

Pada kelas UB150 di ajang ARRC para pembalap muda Yamaha Racing Indonesia bertarung dengan sangat kompetitif menggunakan New MX-King 150 yang notabene merupakan salah satu motor bebek bergenre sport paling digemari di Indonesia. MX-King 150 sendiri beberapa waktu lalu telah mengalami penyegaran baik dari segi tampilan desain maupun warna dan secara resmi diperkenalkan oleh pembalap MotoGP dari Yamaha yaitu Maverick Vinales dan Valentino Rossi di Four Seasons Hotel, Jakarta pada awal Februari tahun 2019.

Perubahan yang paling mencolok terdapat pada bagian wajah motor dengan kehadiran 3 lampu LED (terdiri dari 2 low beam dan 1 high beam) yang memiliki desain lebih futuristik dan sporty. Sedangkan untuk desain body, New MX-King 150 masih mempertahankan gaya agresif dengan lekukan tajam yang menjadi ciri khasnya. Selain itu peningkatan lain yang dilakukan oleh Yamaha terhadap New MX-King 150 terdapat pada bagian speedometer yang sudah bersifat digital dan lebih informatif. Ukuran ban bagian depan juga diperlebar dari 70/90 menjadi 90/80 guna menghadirkan rasa berkendara yang lebih stabil.

Urusan dapur pacu, New MX-King 150 menggunakan mesin 150cc Fuel Injection (FI), 4 valve, berpendingin cairan (liquid cooled) dengan 5 percepatan yang sudah teruji handal dan bertenaga. Mesin yang mengadopsi teknologi balap tersebut tercatat mampu menghasilkan tenaga sebesar 11.3 kW/ 8,500rpm dan torsi sejumlah 13.8 kW/ 7,000rpm.

NEW YZF-25 & R3

Dikelas AP 250 ARRC 2019 dan WorldSSP300, pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI) diperkuat oleh New YZF-R25 dan New YZF-R3 yang pada tahun lalu tampil perdana secara global di Indonesia dengan berbagai peningkatan yang mampu mengoptimalkan performa berkendara.

Dari segi desain, New YZF-R25 dan New YZF-R3 tampil semakin sporty dengan desain yang lebih menyerupai YZR-M1, khususnya pada bagian wajah motor yang telah mengadopsi M1-Duck (air scoop). Selain itu, konsep Cross Layer Fairing (fairing bertumpuk) yang di usung oleh motor, mampu meningkatkan fungsi aerodinamika yang dapat meningkatkan kecepatan hingga 8km/jam pada saat top speed.

Posisi duduk New YZF-R25 dan New YZF-R3 juga terbilang ergonomi berkat penggunaan stang under yoke yang membuat posisi duduk menjadi tidak terlalu menunduk maupun tegap. Hal ini tentunya membuat motor menjadi lebih nyaman dikendarai meskipun saat menempuh perjalanan jauh sekalipun. Selain itu, pengaplikasian suspensi Up Side Down (USD) tidak hanya menambah maskulinitas tampilan pada motor tetapi turut meningkatkan kestabilan dan kemampuan handling saat berkendara.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8825 seconds (0.1#10.140)