alexametrics

Anak Muda Jebolan Beasiswa Coding Tatap Karier TI Kelas Dunia

loading...
Anak Muda Jebolan Beasiswa Coding Tatap Karier TI Kelas Dunia
Juliana Dwi Rahayu, salah satu penerima Beasiswa Coding dari Sinar Mas Land dan Techpolitan BSD City. Kini dia sudah bekerja di BUMN telekomunikasi. Foto/ist
A+ A-
TANGERANG - Perkembangan industri teknologi informasi (TI) terus berkembang dengan cepat. Berbagai penemuan baru di TI berdampak terhadap beragam sektor industri dan kehidupan, sehingga tidak heran kebutuhan akan profesi developer (pengembang) kian meningkat.

Menurut data tahun 2019 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), saat ini Indonesia membutuhkan 9 juta digital talent. Developer merupakan salah satu profesi di bidang digital talent yang memiliki banyak permintaan mulai dari developer mobile, Android hingga website.

Bahkan bukan rahasia umum lagi, sejumlah perusahaan startup di Indonesia harus mendatangkan tenaga developer dari India untuk memenuhi kebutuhan akan digital talent tersebut. Tingginya demand terhadap profesi ini juga membuat gaji yang ditawarkan bagi seorang developer, termasuk yang menggiurkan. Imbasnya profesi tersebut banyak diinginkan oleh kaum millennial.



Juliana Dwi Rahayu dan Ikrima Nabila adalah dua dari puluhan remaja terpilih yang mendapatkan kesempatan beasiswa coding dari Sinar Mas Land dan Techpolitan BSD City. Kedua remaja asal Tangerang tersebut merasakan secara langsung bahwa ilmu yang mereka dapatkan selama empat bulan di Techpolitan BSD City bermanfaat dan akan menjadi bekalnya untuk mendapatkan pekerjaan di bidang TI.

Juliana atau yang akrab dipanggil Juli ini bercerita, bahwa mendapatkan beasiswa coding merupakan hal yang membanggakan. “Saya mengikuti program beasiswa ini karena ingin membantu orang tua, khususnya ayah saya yang bekerja sebagai sopir truk. Seluruh persyaratan dan tes saya lalui dengan baik, sampai akhirnya saya dinyatakan lulus mendapatkan beasiswa ini,” tutur Juliana.

Remaja putri asal Cisauk, Tangerang Selatan ini sangat bersyukur dan terharu atas pencapaiannya. Ilmu yang didapat itu pun mengantarkan perempuan kelahiran 1999 tersebut menuju dunia kerja. Kini Juli bekerja sebagai Junior Developer di Telkom Sigma, salah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan teknologi informasi.

“Saya sangat bersyukur karena langsung memperoleh pekerjaan setelah selesai mengikuti program beasiswa dari Sinar Mas Land dan Techpolitan BSD City,” kata Juliana.Menurut dia, ini adalah hal yang luar biasa, karena selain mendapatkan penghasilan untuk membantu ayah, dirinya juga mendapatkan pengalaman kerja. “Semoga bekal tersebut dapat mendukung karier saya ke depan,” harap Juliana.Meskipun dia berasal dari Tangerang, dirinya memiliki impian untuk berkarier ke luar negeri seperti Google, Amazon, Facebook, dan sejumlah perusahaan teknologi kelas dunia lainnya. Berharap dengan karir pertama sebagai junior developer di Telkom Sigma, bisa mengantarkan impiannya menjadi developer berstandar global.

“Karena dari banyak tulisan yang saya baca, banyak juga talent digital asal Indonesia yang berasal dari wilayah pelosok dan dihadapkan pada kesulitan ekonomi namun tetap dapat berkarier di dunia internasional berkat kegigihan dan kesabaran. Saya berdoa kepada Allah SWT dan berusaha semoga bisa mencapai impian saya,” ungkap Juliana yakin.

Sementara itu, Ikrima Nabila menceritakan, dirinya sadar untuk meraih impian menjadi seorang developer butuh biaya. Sedangkan kemampuan ekonomi keluarganya terbilang “pas-pasan”. “Tapi saya yakin persoalan biaya bisa diatasi asalkan kita mampu menunjukan potensi diri. Alhamdulilah saya berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa coding dari Techpolitan. Semoga ini menjadi jalan untuk meraih impian saya dalam menekuni bidang IT yang sudah saya sukai sejak SD,” tutur Ikrima Nabila.Setelah selesai mengikuti program beasiswa coding, dirinya langsung diterima bekerja di Divisi Cloud Telkom Sigma. “Semoga perkerjaan saya ini dapat menjadi awal mula menapaki karier dunia TI, dan tentunya dapat membanggakan orang tua saya,’’ katanya bersemangat.

Juliana dan Ikrima sepakat, bahwa program beasiswa coding dari Sinar Mas Land dan Techpolitan BSD City memberikan manfaat yang luar biasa bagi masa depan mereka. Keduanya berharap ke depannya semakin banyak pemuda asal Tangerang yang berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Pendidikan ibarat jalan pintas menuju masa depan yang lebih cerah bagi setiap manusia. Kesuksesan seseorang selalu diawali oleh pendidikan terbaik yang dia terima semasa hidupnya, baik pendidikan formal maupun nonformal.

Menyadari hal ini, Sinar Mas Land berkolaborasi dengan Techpolitan BSD City memberikan beasiswa coding bagi pemuda-pemudi asal Tangerang yang memiliki minat dan bakat dalam bidang teknologi. Sinar Mas Land memberikan beasiswa coding kepada masyarakat sekitar Tangerang dikarenakan pesatnya perkembangan industri TI saat ini di Indonesia.

Diharapkan melalui program beasiswa tersebut, maka akan tersedia global standard talent di bidang digital. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan sejumlah multinational company dan TI company yang sudah ada di BSD City.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak