Berebut Pangsa Pasar di Era Digital Lewat Teknologi AI

Kamis, 28 Maret 2019 - 06:43 WIB
Berebut Pangsa Pasar di Era Digital Lewat Teknologi AI
Berebut Pangsa Pasar di Era Digital Lewat Teknologi AI
A A A
Masyarakat di era digital dalam beberapa tahun terakhir ini seolah haus akan inovasi. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia produk atau jasa yang berhubungan langsung dengan konsumen. Mobilitas yang tinggi, kecepatan informasi dan keingingan serba instant harus dapat diimbangi dengan ketersediaan sumber daya.

Jika tidak, konsuen akan kabur dan memilih penyedia layanan yang lebih siap. Kondisi ini juga berlaku di sektor automotif. Menyambut kebutuhan pelanggan di era digital, sejumlah agen pemegang merek (APM) dan distributor meluncurkan aplikasi untuk menggaet konsumen. Auto2000 misalnya, menghadirkan chatbot, teknologi customer care terbaru, berupa asisten virtual bagi pelanggan yang memiliki nama Tasia.

Setelah aplikasi Auto2000 Mobile, Tasia merupakan produk layanan digital berikutnya dari Auto2000 yang mengemban amanat untuk memberikan kemudahan pada pelanggan dalam mengakses dan menikmati segala bentuk layanan yang disajikan oleh Auto2000. "Bisa dikatakan Tasia merupakan chatbot automotif pertama di Indonesia untuk mempermudah pelanggan berinteraksi dengan Auto2000 tanpa batasan ruang dan waktu,” ujar Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan.

Chatbot adalah layanan digital yang memiliki kemampuan percakapan natural di dalam aplikasi pesan singkat atas bantuan artificial intelligent (AI). Kehadiran chatbot Tasia terkait dengan beberapa kecakapan penting, seperti fast response sehingga chatbot dapat dengan cepat membalas pesan dari pelanggan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan.

Chatbot juga dapat diakses 24 jam penuh karena tidak membutuhkan operator untuk menjalankan. Dan yang paling menarik, adanya AI membuat chatbot seperti Tasia memiliki gaya bahasa yang luwes dan tidak kaku sehingga terasa alami dan nyaman saat berinteraksi.

Beberapa layanan Tasia antara lain, layanan booking service, booking servis berkala, simulasi kredit, informasi lokasi cabang/bengkel resmi Auto2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis Auto2000. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga tidak mau ketinggalan.

APM mobil Suzuki ini fokus meningkatkan layanan kepada para pelanggannya melalui www.AutoValue.co.id. Situs terbaru ini juga mobile friendly karena pelanggan bisa melakukan proses tukar tambah (trade-in) langsung lewat gawai pribadi. Melalui layanan ini, pelanggan tinggal memilih outlet Suzuki terdekat di berbagai provinsi di Indonesia untuk melakukan proses tukar tambah.

Hal ini merupakan komitmen Auto Value dalam menawarkan layanan yang memudahkan pelanggan mencari kendaraan berkualitas serta menjamin ketenangan dalam bertransaksi. "Kami menyadari bahwa ada perubahan perilaku dari konsumen terkait penjualan dan pembelian mobil bekas. Sehingga untuk merespon keinginan pelanggan, kami memberikan inovasi melalui situs terbaru ini agar kegiatan jual beli mobil menjadi lebih mudah dan berkualitas,” ujar Business Development Manager Suzuki Indomobil Sales Hendro Kaligis.

Sementara itu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku distributor tunggal kendaraan Toyota di Indonesia, secara resmi menambah line-up digital approach-nya dengan memperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant atau disebut “TARRA”.

President Director TAM Yoshihiro Nakata menyebutkan, kehadiran TARRA diharapkan dapat meningkatkan layanan digital communication approach kepada pelanggan, di tengah-tengah tren perkembangan era digitalisasi dan semakin beragamnya kebutuhan pelanggan. Bberapa layanan TARRA yang tersedia adalah informasi produk, chatting, informasi harga, layanan bengkel hingga booking test drive.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8073 seconds (0.1#10.140)