alexametrics

Samsung Forum Asia Tenggara dan Oseania 2019

Lemari Es yang Bisa Diajak Ngobrol Ini Mampu Mempersatukan Keluarga

loading...
Lemari Es yang Bisa Diajak Ngobrol Ini Mampu Mempersatukan Keluarga
Daren Tay, Regional Head of Digital Appliances, Samsung Electronics, Southeast Asia & Oceania menjelaskan fitur SpaceMax yang dimiliki oleh kulkas Side by Side Samsung RS5000 di Samsung Forum 2019. Foto/ist
A+ A-
SINGAPURA - Lewat sebuah lemari es yang bernama Family Hub, Samsung berhasil menyatukan sebuah keluarga dalam hubungan yang hangat. Tak percaya?

Melalui gelaran Samsung Forum 2019 yang baru saja tuntas, Samsung Electronics Co., Ltd memperlihatkan generasi berikutnya dari lemari esnya, Family Hub. Kulkas side by side tersebut melanjutkan inovasi dan mendefinisikan kembali kategori refrigerator di zaman serbadigital.

Pertanyaannya, apa yang membuat refrigerator side by side ini terasa istimewa? Pemenang penghargaan CES Innovation 2019 untuk kategori produk software dan aplikasi mobile kulkas tersebut terus meningkatkan standar untuk hidup terkoneksi.
Lemari Es yang Bisa Diajak Ngobrol Ini Mampu Mempersatukan Keluarga

Nah kemampuannya mengoneksikan tersebut bisa membawa keluarga berkumpul di dapur sambil membebaskan pengguna untuk fokus pada hal-hal penting bagi mereka. “Dengan memanfaatkan teknologi untuk mendefinisikan identitas dan cara penghuni rumah menjalani hidup, maka tidak ada tempat yang lebih baik untuk melakukan ini selain dapur yang terkoneksi,” kata Simon Sim, Regional Head of TV, Samsung Electronics, Southeast Asia & Oceania di gelaran Samsung Forum Asia Tenggara dan Oseania 2019.



Dilengkapi peningkatan kemampuan kecerdasan buatan atau AI, internet of things (IoT), serta Family Board yang baru, sebuah layar komunal yang memungkinkan anggota keluarga saling berinteraksi dengan cara yang dipersonalisasi, Family Hub sanggup membantu membina hubungan keluarga sejati, pengelolaan makanan, dan pengalaman rumah yang terkoneksi dalam dunia modern yang serbacepat seperti saat ini.

“Kenapa memilih kulkas? Karena dalam keseharian semua anggota keluarga banyak ‘berinteraksi’ dengan lemari es. Ini alasan kenapa Family Hub dibenamkan di sini,” kata Michael Adi Suhanto,
Digital Appliance Product Markerting Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Kecerdasan Rumah dengan Bixby Terbaru

Michale mengatakan, sebuah fitur yang membedakan Family Hub 2019 dari generasi sebelumnya adalah dukungan Bixby baru yang memungkinkan cara penggunaan Family Hub lebih pintar, hands-free, dan lebih personal. Bixby terbaru menawarkan lebih banyak layanan yang memungkinkan pengguna mengendalikan dan memantau perangkat dan layanan IoT rumah secara mulus dari dapur, cukup dengan perintah suara.
Lemari Es yang Bisa Diajak Ngobrol Ini Mampu Mempersatukan Keluarga

Pengguna dapat meminta Bixby menyampaikan Morning Brief sembari menyiapkan sarapan untuk anak-anak sehingga mereka mengetahui semua hal penting setiap hari, seperti cuaca dan berita utama. Semua ini muncul di layar Family Hub sehingga mereka dapat melihat dan juga mendengarnya.

Melalui teknologi pengenalan suara Bixby, suara setiap anggota keluarga dapat dibedakan sehingga setiap orang memperoleh informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bixby bahkan lebih cerdas dan lebih nyaman untuk percakapan -memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara lebih natural. “Bayangkan, pengguna sekarang dapat mencari tiket pesawat melalui Expedia, memanggil transportasi online, dan mengatur oven hanya dengan berbicara ke Family Hub,” ungkapnya seraya menambahkan, Family Hub juga bisa menginformasikan dan memerintahkan segala perangkat yang terhubung dengannya.

Dia menuturkan, banyak multitasking yang perlu dilakukan di dapur, sehingga situasi dapat menjadi cukup sibuk ketika pengguna harus memotong, menyiapkan, dan memasak hidangan pada saat yang sama. Keadaan akan menjadi lebih sukar ketika ponsel mulai berdering.

“Dengan Smart View yang disempurnakan, multitasking menjadi mudah karena pengguna dapat menampilkan aplikasi pihak ketiga di layar Family Hub secara mulus dari ponsel Galaxy, tanpa perlu menjalankan aplikasi Smart View di kulkas,” klaimnya.
Lemari Es yang Bisa Diajak Ngobrol Ini Mampu Mempersatukan Keluarga

Lebih lanjut dikatakan, Bixby baru tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan secara hands-free. Pengguna juga dapat menelusuri jutaan aplikasi pihak ketiga yang tersedia bagi keperluan dapur.

Kini pengguna lebih mudah mengelola aplikasi mereka di Family Hub, dengan pemasangan, pembaruan, dan penghapusan yang efisien dari menu Apps. Selain itu, Home Service dapat menghidupkan suasana dengan menyalakan musik saat sedang menyiapkan acara makan atau mengaktifkan playlist favorit saat memasak.

Membawa kecerdasan selangkah lebih maju, dengan integrasi SmartThings yang mulus, pemilik Family Hub dapat melihat dan mengendalikan ratusan perangkat rumah cerdas buatan Samsung maupun pihak ketiga langsung dari layar kulkas dan melalui suara dengan Bixby. Setidaknya Bixby bisa mengenali tidak kurang dari enam bahasa, tapi bahasa Indonesia belum masuk di antaranya.

Saat ditanya kapan Family Hub mengunjungi Indonesia, Michael menjelaskan, Samsung Electronics Indonesia tengah melakukan studi untuk memasukan lemari es side by side ini ke Tanah Air. “Kami tengah studi kira-kira pasarnya yang dituju siapa. Untuk ekositemnya sendiri di Indonesia sudah terbentuk,” sebut Michael.

Bagikan Kenangan dan Memo di Family Board
Salah satu fitur baru yang paling menarik di lemari es ini adalah Family Board. Banyak keluarga di seluruh dunia menggunakan pintu kulkas mereka sebagai papan pengumuman untuk berbagi satu sama lain -baik dengan membagikan jadwal setiap anggota keluarga dan menu mingguan, menempelkan magnet perjalanan dari negara-negara yang telah dikunjungi, atau dengan bangga memajang karya seni anak-anak untuk dilihat semua orang.

“Family Board memungkinkan anggota keluarga untuk berinteraksi satu sama lain dan berbagi kenangan yang tak terhitung jumlahnya. Ini membuat layar kulkas menghadirkan nuansa analog yang akrab,” ujarnya.

Sementara itu, Home Screen menawarkan pengalaman layanan digital yang memberikan gambaran umum informasi dan aplikasi penting. Pengguna sekarang memiliki layar khusus untuk berbagi foto, pesan, dan kenangan di kulkas mereka, dan dapat mengedit foto mereka dengan berbagai gaya foto, menambahkan catatan tulisan tangan dan stiker, bahkan mengubah warna latar belakang layar sesuai dengan dapur mereka. Semuanya mendekatkan anggota keluarga untuk meningkatkan cara mereka terkoneksi dan berbagi.

“Fitur Whiteboard telah diperbarui dengan fungsi kaligrafi cerdas yang dapat mengenali tulisan tangan dan fungsi menggambar yang dapat mengenali objek yang digambarkan,” tuturnya.

Family Hub juga dilengkapi screen saver dinamis yang dapat digunakan untuk menampilkan momen keluarga yang berharga atau menyatu dengan interior rumah. Semua dilakukan melalui ambient mode ketika layar sentuh Family Hub tidak digunakan.

Pengelolaan Makanan yang Lebih Sehat
Sejak awal, pengelolaan makanan dengan Family Hub telah menjadi fitur utama yang meningkatkan cara pemilik rumah mengelola makanan. “Menggunakan ‘View Inside’ dari ponsel untuk melihat apakah mereka membutuhkan telur saat sedang berada di toko atau menambahkan barang ke daftar belanja dan menandai tanggal kedaluwarsanya,” sebut Michael.

Family Hub juga memungkinkan pengguna menyiapkan hidangan yang lebih baik dan sehat dengan Meal Planner. Ini menyesuaikan resep berdasarkan preferensi makanan, kebutuhan diet, dan bahan-bahan yang ada di dalam lemari es.

Terakhir, pengalaman di dapur menjadi lebih pintar dan efisien dengan fitur-fitur terbaru Food Management. Dengan Family Hub 2019 yang baru, pengguna dapat mencari resep sehat atau mengatur oven langsung dari aplikasi Recipes dengan fitur suara yang mudah digunakan.

“Pengguna juga dapat menambahkan barang ke Shopping List atau menandai barang dengan pengingat serta tanggal kedaluwarsanya,” pungkasnya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak