Cara Gampang Agar Motor Tak Mogok saat Menerjang Banjir

Sabtu, 30 Maret 2019 - 17:00 WIB
Cara Gampang Agar Motor Tak Mogok saat Menerjang Banjir
Cara Gampang Agar Motor Tak Mogok saat Menerjang Banjir
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya telah melansir daerah-daerah yang menjadi daerah rawan banjir yang akan terjadi dibulan Januari, Februari dan Maret 2019.

Prakiraan tersebut meliputi potensi banjir tinggi, menengah, rendah, dan aman dari kejadian banjir. Untuk itu, masyarakat diminta waspada dan diharapkan dapat membantu untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan terjadinya banjir.

Bagi Anda pengendara sepeda motor roda dua patut lebih hati-hati, karena biasanya banjir ini menyebabkan jalanan rusak. Imbasnya banyak lubang di mana-mana, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain jalanan yang rusak dan berlubang, pengendara sepeda motor juga kerap dihadapkan dengan motornya yang mogok akibat busi atau saringan udara motor kemasukan air. Jika keseringan mogok, tidak menutup kemungkinan mesin motor cepat rusak.

Nah supaya tidak rusak akibat terjangan banjir, pengendara perlu memerhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Saat melewati lokasi banjir, perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi pada motor. Sebab air yang masuk dapat menyebabkan pengapian dalam mesin tidak berjalan baik.
2. Apabila terpaksa harus menerobos banjir, lebih baik matikan mesin sepeda motor Anda, karena apabila air tersebut masuk saat suhu ruang bakar tinggi bakal menyebabkan piston motor pecah.
3. Masukan selang tebal ke knalpot dengan menghadap ke atas apabila masih tetap ingin memaksakan mesin motor tetap hidup. Sesetidaknya itu dapat mengurangi air masuk ke mesin.

Merujuk tips dari Tekiro, saat musim hujan, pemilik kendaraan dituntut memberikan perhatian pada busi. Lapisi komponen busi dengan gemuk. Setidaknya pelindung itu dapat meminimalisasi air masuk ke area pengapian.

Apabila busi sudah terlanjur kemasukan air semprotlah dengan pelumas ke kepala busi agar airnya bisa cepat kering. Salah satu pelumas yang bisa “mengobati” masalah busi yang kemasukan air tersebut adalah Rexco 50, sebuah pelumas serbaguna.

Menurut Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco, busi yang kemasukan air menyebabkan menutupnya saluran udara yang ada di busi. "Sehingga diperlukan peran pelumas untuk dapat mengeringkan air yang ada di dalam busi tersebut," katanya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0708 seconds (0.1#10.140)