alexametrics

Superkomputer dan Pusat Pengembangan Artificial Intelligence

loading...
Superkomputer dan Pusat Pengembangan Artificial Intelligence
Tokopedia dan UI merilis AI Center of Excellence pertama di Indonesia yang menggunakan superkomputer.
A+ A-
Tokopedia punya pusat pengembangan artificial intelligence (AI) pertama di Indonesia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). Tokopedia-UI AI Center of Excellence menggunakan teknologi superkomputer deep learning dari Nvidia. Pusat pengembangan AI ini bertujuan mendorong akademisi dan peneliti memanfaatkan teknologi, khususnya AI, dalam menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

“Tujuannya, setiap konsumen di Indonesia dapat menerima setiap produk yang mereka pesan dalam hari yang sama. Ketika hal ini tercapai, kami telah selangkah lebih dekat dalam mencapai misi untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital. Semua itu dapat direalisasikan melalui artificial intelligence, seperti demand prediction, smart warehouse, and smart logistic,” ujar CEO Tokopedia, William Tanuwijaya.

William menyebut bahwa teknologi seharusnya menjadi enabler yang memberdayakan masyarakat dan tidak menjadi disruptor. Melalui kolaborasi tersebut, peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI untuk menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri, termasuk industri e-commerce, misalnya mengenai logistik, manajemen risiko, keamanan siber, dan pembayaran.



Selain itu, peneliti dapat meneliti berbagai cara untuk membantu pedagang menghasilkan dan memberikan layanan serta produk yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi superkomputer dari Nvidia ini. Tokopedia-UI AI Center of Excellence didukung Nvidia DGX-1, dilengkapi GPU Nvidia Tesla V100 yang dirancang dengan struktur Tensor Core untuk mempercepat kinerja AI.

Komputer super dalam kotak ini menggunakan Nvidia GPU Cloud Deep Learning Stack dan merupakan versi teroptimal framework yang paling populer saat ini, yang mampu melakukan pelatihan data empat kali lebih cepat daripada sistem berbasis GPU lainnya
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak