alexametrics

Skyegrid, Layanan Cloud Gaming Pertama di Indonesia

loading...
Skyegrid, Layanan Cloud Gaming Pertama di Indonesia
Skyegrid, Layanan Cloud Gaming Pertama di Indonesia
A+ A-
TERNYATA Indonesia sudah memiliki layanan cloud gaming bernama Skyegrid. Per Februari 2019, mereka telah menyediakan 82 judul gim populer yang bisa dimainkan sepuasnya dengan harga Rp179.000/bulan. Gim tersebut di antaranya Apex Legends, Resident Evil 2 (Remake), Dead by Daylight, Divinity: Original Sin 2, dan Two Point Hospital.

Apex Legends menjadi judul gim pamungkas andalan Skyegrid pada awal 2019, yang merupakan gim bergenre battle royale terbaru dan gratis hasil kolaborasi Respawn Entertainment sebagai pengembang gim dan Electronic Arts selaku penerbit gim. Dengan tersedianya Apex Legends di platform cloud gaming milik Skyegrid, seluruh pelanggan dapat memainkan gim multiplayer tersebut di berbagai platform, termasuk di PC dan laptop Windows dengan spek rendah, Macbook, hingga ponsel dan tablet berbasis OS Android.

“Saya kira semua gamer setuju bahwa Apex Legends adalah gim fenomenal saat ini. Respawn Entertainment mencatat rekor 7,6 juta total pemain Apex online selama tiga hari berturut-turut saat peluncurannya. Ini sangat fantastis,” ujar Rolly Edward, CEO Skyegrid.



“Setiap hari tim kami menerima permintaan pelanggan (Skyegrid) untuk segera memasukkan Apex Legends. Saya pastikan sekarang gim ini bisa dimainkan di Skyegrid,” ucapnya. Selain Apex Legends, Skyegrid juga menambahkan satu judul populer lainnya yang tidak kalah dinanti gamer, yakni Resident Evil 2 (Remake), yakni edisi remaster dari gim Resident Evil 2 besutan Capcom tahun 1998.

Dengan tambahan Apex dan RE2 (Remake) serta beberapa judul gim lainnya, per Februari 2019, Skyegrid mempunyai total 82 judul gim dengan komposisi 50-50 untuk gim berbayar via akun Steam dan gim Free-to-Play. Selain menambah judul gim baru, Skyegrid juga fokus mengoptimalkan product experience agar pengalaman bermain gim PC lebih nyaman dan lancar kendati dengan latensi rendah.

“Cita-cita kami masih sama, yakni menjadi cloud gaming terdepan di Indonesia, terbaik untuk gamer dan developer lokal, serta turut memba ngun ekosistem gim lokal yang maju dan mapan sehingga dikenal luas di kancah global,” ucap Rolly. Cara kerja Skyegrid relatif sama seperti layanan cloud gaming lainnya. Aplikasi tersebut menggunakan sistem berlangganan.

Selanjutnya, mereka bebas memilih bermain di platform yang mereka mau. Aplika sinya dapat diunduh di PlayStore, Apple App Store, hingga Microsoft Store. Cara berlangganannya pun mudah. Pengguna hanya perlu mendaftar di website Skyegrid (http://skyegrid.id ), lalu pilih ‘Berlangganan’, kemudian pilih ‘Metode Pembayaran’.

Setelah pembayaran selesai diproses, pengguna bisa langsung memainkan puluhan gim yang ada di Skyegrid sepuasnya selama 30 hari. Untuk tahap awal, Skyegrid menye diakan lebih dari 50 judul gim AAA terpopuler di Indonesia, dari seki tar 25 publisher gim ternama dunia, sebut saja Ubisoft, CD Projekt, Epic Games, dan 2K. “Jumlahnya akan terus kami tambah sampai 120 judul gim favorit di Indonesia pada akhir tahun ini,” tutur Rolly.

Saat ini Skyegrid hanya menyediakan satu paket berlangganan, yakni Rp179.000 untuk 30 hari. Pengguna yang memiliki akun Steam aktif juga bisa menautkan akunnya ke akun Skyegrid untuk menambah koleksi gim terbaru. Rolly menegaskan, Skyegrid siap mendukung ekosistem gim lokal sepenuhnya dengan membuka ruang seluas-luasnya kepada para pengembang gim lokal yang ingin mema sarkan karyanya melalui Skyegrid.

“Dari awal, mimpi saya agar Skyegrid bisa menjadi publisher gim lokal. Saya ingin merangkul deve loper gim lokal sebanyak-banyaknya untuk menaruh gimnya di Skyegrid supaya bisa dimainkan gamer dari luar Indonesia. Inilah waktunya kita buktikan kepada orang-orang di luar sana bahwa Indonesia pun punya gim canggih dan nggak kalah keren,” tutur Rolly.

Untuk mewujudkan mimpinya itu, Rolly mengklaim, saat ini selain bisa dimainkan gamer dari Sabang sampai Merauke, Skyegrid juga sudah bisa dimainkan di sejumlah negara tetangga, termasuk Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. “Di sinilah para pengembang gim lokal bisa unjuk gigi. Kami akan membantu semaksimal mungkin dalam memasarkan karya atau gim mereka ke luar Indonesia agar lebih dikenal gamer internasional dan laris terjual,” kata Rolly.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak