Tuman! Honda Kembali Ganggu Yamaha Lewat Inovasi NeoWing

Selasa, 09 April 2019 - 13:42 WIB
Tuman! Honda Kembali Ganggu Yamaha Lewat Inovasi NeoWing
Tuman! Honda Kembali Ganggu Yamaha Lewat Inovasi NeoWing
A A A
TOKYO - Tak hanya sengit di arena MotoGP saja, pertarungan ide dan teknologi dua produsen Yamaha dan Honda tersaji soal Inovasi. Sejak Yamaha mengumumkan terobosan Niken pada tahun 2017, banyak desas-desus dan spekulasi telah mengelilingi desain trike reverse.

Seperti dilansir dari Rideapart, Selasa (9/4/2019) Piaggio adalah salah satu perusahaan pertama yang menyempurnakan konsep motor roda tiga, tetapi Yamaha sudah tidak diragukan lagi adalah produsen pertama yang membangun konsep motor. BACA JUGA: Suzuki, Honda, Kawasaki dan Yamaha Bergabung Demi Motor EV
Tuman! Honda Kembali Ganggu Yamaha Lewat Inovasi NeoWing

Tentu saja ketika salah satu dari empat pabrikan besar datang dengan sesuatu yang sangat baru atau inovatif, tidak lama kemudian pabrikan lain tidak ambil diam, dan ini jelas sesuatu yang Honda rencanakan saat ini. Sudah pada tahun 2016, pabrikan menunjukkan kepada dunia iterasi sendiri dari kendaraan roda tiga, kemudian dijuluki NeoWing.

Sejak itu kami telah membahas dua aplikasi paten sebelumnya untuk kendaraan roda tiga, menunjukkan studi Honda tentang teknologi memiringkan dan bahkan kemungkinan trike menerima powertrain hybrid. Paten baru ini tampaknya menegaskan bahwa Honda benar-benar serius tentang aspek miring dari trike terbalik dan bahwa "NeoWing" hampir selesai.
Tuman! Honda Kembali Ganggu Yamaha Lewat Inovasi NeoWing

Perlu diketahui, Yamaha Niken Dibekali sasis MT-09, motor ini menggabungkan desain agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi. BACA JUGA: Ini Alasan Kuat, Yamaha, Honda, Kawasaki dan Suzuki Bersatu

"Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok,"

Secara dimensi, motor ini punya postur panjang 2.150 mm, lebar 885 mm dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sebagai informasi, nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Sedangkan peluncuran Yamaha Niken sendiri baru akan dilakukan pada November mendatang di Milan Motorcycle Show.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3664 seconds (0.1#10.140)