alexametrics

Terobosan Besar Ilmu Sains, Lubang Hitam Kini Bisa Difoto

loading...
Terobosan Besar Ilmu Sains, Lubang Hitam Kini Bisa Difoto
Ilmuan National Science Foundation dan Event Horizon Telescope Collaboration. FOTO/ The Sun
A+ A-
NEW YORK - Sebuah terobosan besar bagi umat manusia berhasil oleh para ahli di ciptakan.Black Hole atau lubang hitam, objek luar angkasa yang sungguh padat dan mahadahsyat yang mempunyai tarikan gravitasi sangat kuat sehingga dapat menghisap dan memerangkap semua benda langit disekitarnya bahkan cahaya.

Sebuah foto lubang hitam yang menjadi bukti nyata, yang selama ini dianggap misteri.Penantian itu, akhirnya tiba. National Science Foundation dan Event Horizon Telescope Collaboration, merilis gambar black hole alias lubang hitam supermasif dan bayangannya di pusat galaksi yang dikenal sebagai Messier 87 atau M87. Gambar ini menjadi bukti visual langsung pertama bahwa lubang hitam memang benar ada.

Para ilmuwan mengungkap foto itu di sebuah acara pers besar di Brussels, EHT menghabiskan 13 tahun untuk memfoto lubang hitam dan hasilnya pertama kali dipresentasikan pada konferensi di Brussels sore ini.



"Kami telah mencapai sesuatu yang dianggap mustahil oleh banyak orang dengan membayangkan bayangan lubang hitam dan hingga saat ini memberikan bukti terkuat bahwa entitas menghindar dan penuh teka-teki memang ada," kata ilmuwan EHT Dr Ziri Younsi, dari University College London seperti dilansir dari The Sun, Kamis (11/4/2019).
Terobosan Besar Ilmu Sains, Lubang Hitam Kini Bisa Difoto

"Pengamatan ini meletakkan dasar untuk studi lubang hitam di masa depan dan dapat memainkan peran penting dalam pemahaman kita tentang perilaku cahaya dan materi di lingkungan paling ekstrim di alam semesta kita." tembahnya.


Berada sekitar 300 juta triliun mil jauhnya dari planet kita, itu difoto oleh jaringan delapan teleskop di seluruh dunia yang dikenal sebagai EHT.

Pada April 2017, delapan teleskop radio yang tersebar di seluruh dunia -Hawaii, Arizona, Spanyol, Meksiko, Chile, dan Kutub Selatan– diprogram untuk merekam data dua lubang hitam di dua sudut semesta.

Lubang hitam M87 itu memiliki massa empat juta kali lebih berat ketimbang matahari, yang berarti lubang hitam memiliki diameter 44 juta kilometer. Ilmuwan menyebutnya sebagai lubang hitam “monster”.

Gambar lubang hitam tersebut memang masih blur, tetapi tampak jelas dikelilingi gas terang berwarna jingga yang mirip dengan matahari. Para ilmuwan menyatakan bahwa gaya gravitasi pada lubang hitam 6,5 miliar kali lebih besar dari yang dimiliki matahari. Mereka pertama kali diprediksi oleh Albert Einstein 100 tahun yang lalu - meskipun Einstein sendiri tidak yakin mereka ada.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak