Rekor, Kapitalisasi Pasar Apple Capai Rp29.527 Triliun

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 07:15 WIB
loading...
Rekor, Kapitalisasi Pasar Apple Capai Rp29.527 Triliun
Foto/dok
A A A
NEW YORK - Apple Inc menjadi perusahaan Amerika Serikat (AS) pertama yang menyentuh nilai pasar sebesar USD2 triliun (sekitar Rp29.527 triliun). Kapitalisasi pasar sebesar itu dicapai Apple pada Rabu (19/8) waktu setempat. Sepanjang tahun ini, berdasarkan laporan CNN, nilai saham perusahaan yang dirikan Steve Jobs itu naik hampir 60%.

Apple yang memiliki kode saham AAPL saat ini diperdagangkan dengan harga USD465 per saham, jauh di atas harga saat pertama kali diperdagangkan di bursa yang hanya USD22 pada 1980 silam. Dalam sejarahnya Apple sudah beberapa kali melakukan stock split atau pemecahan saham menjadi beberapa bagian agar lebih likuid di pasar. Lantas kabar terkini menyebutkan perusahaan itu akan kembali melakukan stock split dengan besaran 1:4 pada akhir bulan ini.

Dengan demikian setiap saham Apple nantinya akan dibagi empat bagian masing-masing menjadi USD116 per saham. Langkah serupa juga diambil produsen mobil listrik Tesla (TSLA) yang memiliki ambisi menarik investor milenial dan generasi Z. (Baca: Produk Buatan China Diperangi, Produksi Apple Terancam Diusik)

Nilai saham Apple menyentuh USD2 triliun sejak mencatat rekor USD1 triliun pada 2018. Sama seperti perusahaan teknologi lainnya, nilai sahamnya sempat menyusut pada Maret akibat wabah virus korona (Covid-19). Namun Apple berhasil bangkit dan memperoleh kenaikan yang signifikan dalam lima bulan terakhir.

“Valuasi Apple yang mencapai USD2 triliun mewakili sekitar 10% dari PDB (produk domestik bruto) AS dan sekitar 7% kapitalisasi pasar yang berada di indeks S&P 500,” ujar David Kass, profesor keuangan di Universitas of Maryland, seperti dikutip NBCnews.

“IPhone-nya ada di mana-mana. Itu telah mengubah cara kita hidup. Ekosistemnya mandiri," tambah dia.

Di level global, Apple bukanlah perusahaan pertama yang memiliki nilai pasar USD2 miliar. Perusahaan Arab Saudi, Saudi Aramco, juga menorehkan capaian serupa saat memulai IPO pada Desember 2019. Tapi pada tahun ini Saudi Aramco terpukul sangat keras di tengah pandemi akibat anjloknya harga minyak. Awal Agustus ini nilai pasar Saudi Aramco tercatat sebesar USD1,76 triliun.

Kenaikan nilai saham Apple dipicu meningkatnya penjualan layanan berlangganan seperti Apple Music, iCloud, Apple TV+, dan Apple Arcade. Para investor juga tampak antusias menanti peluncuran iPhone 12 yang dianggap dapat mendobrak pasar melalui jaringan 5G. (Baca juga: Perompak Somalia Bajak Kapal Berbendera Panama)

Selain Apple, perusahaan teknologi raksasa lainnya seperti Amazon dan Microsoft juga memiliki nilai pasar mendekati USD2 miliar. Saat ini kedua perusahaan memiliki nilai saham sekitar USD1,6 triliun. Begitu pun dengan Alphabet yang memiliki nilai di atas USD1 triliun. Keempat perusahaan itu dinilai kebal terhadap resesi.

Dikuasai AS-China
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)