Lubang Hitam Tangkapan Ahli EHT Diberi Nama Powehi

Jum'at, 12 April 2019 - 21:01 WIB
Lubang Hitam Tangkapan Ahli EHT Diberi Nama Powehi
Lubang Hitam Tangkapan Ahli EHT Diberi Nama Powehi
A A A
NEW YORK - Para ilmuwan berhasil memfoto lubang hitam 'black hole', dengan ukuran yang sangat besar yakni tiga juta kali lebih besar dari pada Bumi. Dengan luas sekitar 40 miliar kilometer diberi nama Powehi.

Nama baru itu diambil dari nama Hawaii, kantor berita Associated Press melaporkan.

Profesor Larry Kimura dari Universitas Hawaii-Hillo yang memberi nama benda angkasa itu, AP melaporkan mengutip the Honolulu Star-Advertiser.

Foto sebuah lubang hitam yang pertama di dunia, yang dilaporkan pada Rabu (10/4), dibuat dengan menggunakan data dari delapan teleskop radio dari seluruh dunia.

Powehi artinya “ciptaan gelap tak bertepi yang indah” atau “sumber gelap berhias dari ciptaan tak berujung.” Nama tersebut diambil dari Kumulipo, nyanyian penciptaan Hawaii dari abad ke-18. Po adalah sumber kegelapan dari penciptaan yang tak berkesudahan. Sedangkan wehi, yang dihormati dengan berbagai dekorasi, adalah salah satu penggambaran po dalam nyanyian tersebut, menurut laporan surat kabar tersebut.

“Mendapat kehormatan memberi nama Hawaii untuk pembuktian ilmiah pertama sebuah lubang hitam sangat berarti bagi saya dan garis keturunan Hawaii saya yang berasal dari po,” kata Kimura dalam rilis media.

Secara rinci dalam laporan yang telah di terbitkan Astrophysical Journal Letters, foto itu berhasil ditangkap oleh delapan teleskop yang berhubungan dalam Event Horizontal Telescope (EHT), sebagaimana dikutip BBC pada Kamis (11/4/2019).

Heino Flacke, ilmuwan dari Radboud University Belanda, yang juga terlibat dalam proyek besar ini, mengungkap kalau lubang hitam tersebut ditemukan di sebuah galaksi bernama M87 yang terletak sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Virgo.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8690 seconds (0.1#10.140)