Kemenperin Siapkan AMMDes Versi Listrik

Sabtu, 13 April 2019 - 06:01 WIB
Kemenperin Siapkan AMMDes Versi Listrik
Kemenperin Siapkan AMMDes Versi Listrik
A A A
BOGOR - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) sudah mulai masuk tahap produksi pada Maret dan dikomersialisasikan pada akhir April 2019. Selain menggunakan mesin diesel konvensional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga berencana untuk membuat kendaraan ini dalam versi listrik.

Rencana ini diungkap oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Kemenperin Putu Juli Ardika.

"Nanti kita akan bikin AMMDes versi listrik, jadi mesin itu nanti akan diganti menggunakan tenaga dari baterai dan motor listrik," ungkap Putu dalam acara Workshop and Family Gathering Forum Wartawan Industri (Forwin) di Bogor, Jumat (12/4/2019).

Menurutnya dengan menggunakan tenaga listrik, AMMDes akan lebih efisien. Secara teknsi, AMMDes memungkinkan untuk dibuat ke arah elektrifikasi. Dengan begitu, selain daya tenaga yang sudah menggunakan listrik, Power Take Off (PTO) yang digunakan untuk menggerakan berbagai alat juga otomatis menggunakan listrik.

"Kalau listrik bisa menjadi kendaraan yang lebih efisien, karena kita menggunakan motor listrik yang torsinya itu sudah pasti lebih besar," imbuhnya.

Soal AMMDes versilistrik ini, Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto, akan dibuatkan sebuah Focus Group Discussion (FGD) dalam ajang AMMDes Summit II pekan depan. Dalam FGD itu akan mengundang beberapa pembicara untuk membahas rencana strategis AMMDes menjadi kendaraan listrik.

"Di hari kedua ada FGD yang temanya itu. Nah, disitu hadir dari institusi riset, perguruan tinggi dan lain-lain, baru membahas strateginya seperti apa," ujarnya.

Meski demikian, Reiza menuturkan bahwa AMMDes listrik ini baru menjadi pembahasan yang masih dikaji untuk rencana ke depan. Pihaknya masih ingin fokus menggarap produksi AMMDes yang baru saja dimulai.

"Kita mau satu satu, kita lakukan itu dengan proper kami fokus dulu di sini deh, kita kan baru mulai produksi kita lakukan dulu yang terbaik," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8552 seconds (0.1#10.140)