Akun Outlook Dibobol, Microsoft Sarankan Pengguna Ganti Password

Senin, 15 April 2019 - 13:55 WIB
Akun Outlook Dibobol, Microsoft Sarankan Pengguna Ganti Password
Akun Outlook Dibobol, Microsoft Sarankan Pengguna Ganti Password
A A A
REDMOND - Sejumlah pengguna layanan surat elektronik Microsoft menjadi sasaran serangan para peretas. Raksasa perangkat lunak itu kinintelah mulai memberitahukan ke pengguna yang terdampak.

Microsoft telah mulai memberitahu beberapa pengguna Outlook.com adanyaperetas yang bisa mengakses akun selama berbulan-bulan awal tahun ini.

Pihaknya menemukan kredensial agen pendukung untuk layanan e-maill web-nya dikompromikan, yang memungkinkan akses tidak sah ke beberapa akun antara 1 Januari hingga 28 Maret 2019.

Para peretas, kata Microsoft, dapat melihat alamat email akun, nama folder, dan baris subjek dari email, namun bukan konten email atau lampiran.

"Data kami menunjukkan bahwa informasi terkait akun (tetapi bukan isi dari setiap email) dapat dilihat, tetapi Microsoft tidak memiliki indikasi mengapa informasi itu dilihat atau bagaimana informasi itu digunakan," kata Microsoft dalam emailnya kepada pengguna yang terpengaruh, dilansir laman The Verge, Senin (15/4/2019).

Sayangnya, Microsoft tak merinci berapa banyak pengguna yang terpengaruh atau siapa dalang dibalik peretasan ke akun email Outlook.com.

Meski tak bisa mengakses detail login atau informasi pribadi lainnya, Microsoft tetap merekomendasikan agar pengguna yang terpengaruh mereset password mereka.

Insiden keamanan ini terjadi berminggu-minggu setelah seorang mantan peneliti keamanan mengaku bersalah melakukan peretasan ke server Microsoft dan Nintendo. Server pengembangan Windows Microsoft dilanggar selama beberapa minggu pada Januari 2017, memungkinkan hacker di seluruh Eropa untuk mengakses Windows versi pre-release
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6582 seconds (0.1#10.140)