alexametrics

Kominfo Benarkan WA, FB dan Instagram Tumbang Kemarin

loading...
Kominfo Benarkan WA, FB dan Instagram Tumbang Kemarin
Ilustrasi Facebook .FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kemarin petang, tiga layanan media sosial Instagram, Facebook, dan WhatsApp mendadak tumbang alias down secara bersamaan. Menanggapi soal hal tersebut Kementerian Komunikasi dan Informatika membenarkan bahwa sterjadi gangguan server dari pihak Facebook.

"Iya, mereka menyampaikan pada pak menteri, ada gangguan server," ujar Ferdinandus Setu, Plt Kepala Humas Kemnkominfo di Jakarta, Senin (15/4/2019)

Gangguan server itu, kata dia, dikarenakan jumlah pengguna yang terus meningkat setiap harinya. Sehingga server yang mereka miliki mengalami gangguan.



"Karena numlah pengguna mereka kan tumbuh terus. Sehingga itu gangguan server yang ya bisa dibilang cukup sering, setahun tuh ada sekali dua kali lah," imbuhnya.

Ia pun memastikan bahwa gangguan tersebut bukan disebabkan malware atau serangan hacker, semua murni karena server mereka yang mengalami gangguan.

"Nggak bukan malware. Bener-bener servernya memang down. Karena memang istilahnya jumlah pengguna makin banyak dan bandwidthnya atau apapun kapasitas servernya mereka juga sedikit mengalami maintenance," jelasnya.

Down-nya server dikeluhkan pengguna di sejumlah negara Asia, Eropa, hingga Amerika Serikat. Sementara DownDetector mengungkapkan, gangguan layanan terjadi mulai dari wilayah Amerika Serikat dan merembet ke Benua Eropa dan Asia. Begitu pun dengan pengguna di Indonesia yang terkena imbasnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak