alexametrics

Huawei Bantah Akan Pasok Modem 5G untuk Smartphone Apple

loading...
Huawei Bantah Akan Pasok Modem 5G untuk Smartphone Apple
Huawei menolak memasok modem 5G untuk iPhone karena hal itu melanggar prinsip perusahaan yang menyimpan chipset dan modemnya untuk keperluan internal. Foto/ist
A+ A-
BEIJING - Pekan lalu, ada laporan yang menyebutkan Huawei membuka diri untuk menjual modem 5G ke Apple. Untuk diketahui, pemilik merek iPhone tersebut sampai sekarang kesulitan mendapatkan modem 5G.
Hari ini, rumor Huawei memasok modem 5G untuk musuh utamanya di industri smartphone itu terpatahkan. Dalam sesi tanya jawab, perwakilan Huawei membantah keras rumor tersebut. "Kami tidak memiliki perubahan dalam strategi chipset kami, dan tidak ada komunikasi dengan Apple untuk modem 5G," demikian pernyataan resmi Huawei seperti dikutip dari laman GSM Arena.
Huawei memiliki modem Balong 5000 yang siap digunakan pada perangkat berbasis 5G. Di dalam modem tersebut sudah mencakup hotspot WiFi 5G.

Modem inilah yang digunakan Huawei ke dalam Mate X, smartphone dengan layar dapat dilipat. Sejauh ini perusahaan selalu menyimpan chip buatannya sendiri, baik modem maupun chipset Kirin.Pemasok modem 4G Apple saat ini bukan merupakan pilihan untuk generasi 5G. Apple dan Qualcomm sendiri masih terlibat pertempuran hukum, sedangkan modem Intel belum juga siap.
Bagaimana dengan Samsung? Raksasa Korea Selatan itu mengadopsi Exynos 5100 untuk Galaxy S10 5G, tetapi mereka menyatakatan tidak ada pasokan yang cukup jika harus menjual ke Apple juga.

Setidaknya ada dua perusahaan lain yang bekerja pada modem 5G, yaitu MediaTek dan UniSOC. Hanya para analis percaya mereka tidak akan dapat memenuhi persyaratan ketat Apple untuk pemasok komponennya. Plus tidak jelas apakah mereka akan memiliki solusi yang berfungsi dalam waktu dekat.



Apple dilaporkan sedang mengerjakan modemnya sendiri, tapi perlu beberapa tahun untuk mengembangkannya. Jika tidak ada kesepakatan untuk membeli modem yang ada, iPhone 5G pertama mungkin baru akan datang hingga 2021.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak