alexametrics

traveloka

Pembayaran Listrik PLN Lebih Mudah melalui Smartphone

loading...
Pembayaran Listrik PLN Lebih Mudah melalui Smartphone
Seiring perkembangan pembayaran bulanan listrik PLN ataupun pembelian token listrik sudah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui minimarket hingga melalui smartphone Anda. ilustrasi dari liputan6.com
A+ A-
Hidup Anda tentu tidak bisa lepas dari listrik. Anda tentu tidak mau listrik padam tengah malam karena lupa membayar tagihan, bukan? Dulu, tagihan listrik dikirim ke rumah pelanggan dan harus dibayar di kantor PLN sebelum jatuh tempo. Sangat merepotkan, terutama untuk Anda yang tinggal di perkotaan. PLN juga memberikan alternatif pilihan bagi Anda yang tidak ingin direpotkan dengan tagihan listrik dengan fasilitas listrik pasca-bayar melalui token.

Lebih enaknya, seiring perkembangan pembayaran bulanan listrik PLN ataupun pembelian token listrik sudah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui minimarket hingga melalui smartphone Anda.

Dengan caraini, Anda hanya perlu mengakses situs penyedia layanan pembayaran listrik, lalu menyelesaikan pembayaran dalam hitungan detik. Beberapa bentuk pembayaran online misalnya: situs resmi PLN, m-banking, e-banking, maupun agen pembayaran online.
Bahkan hanya dengan cara mengirim pesan singkat untuk pembayaran listrik. Tidak percaya? Silakan simak, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk melakukan pembelian token listrik PLN maupun bayar listrik PLN. Dijamin memudahkan hidup Anda!



1. Mengecek melalui pesan singkat

Kini Anda bisa langsung mengecek tagihan listrik dengan menghubungi 123 atau SMS ke 8123. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile resmi dari PLN untuk mengecek tagihan.

Pada menu Informasi, pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik. Lalu, masukkan ID pelanggan atau nomor meteran Anda kemudian klik Cari. Setelah mengetahui jumlah tagihan listrik, Anda tidak perlu meninggalkan tempat duduk sebab Anda bisa membayar secara online saat itu juga.

Jadi, Anda cukup memasukkan nomor pelanggan dan periode tagihan yang ingin Anda bayar di berbagai penyedia layanan pembayaran listrik. Cukup mudah, bukan?

2. Menggunakan pulsa

Setelah melakukan pengecekan, Anda juga bisa mengisi token listrik melalui pulsa berbagai operator. Anda cukup mengirimkan kode pelanggan disertai dengan nominal yang dibeli, kemudian dikirimkan ke short number tertentu.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu smartphone Anda berisi pulsa yang cukup untuk nominal token yang akan dibeli. Tunggubeberapasaat, Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi token untuk dimasukan ke meteran.

3. Menggunakan layanan online di aplikasi

Salah satucara termudah untuk melakukan pembelian token listrik adalah melalui smartphone. Beberapa aplikasi di smartphone juga telah menyediakan layanan pembayaran dan pembelian token listrik. Salah satunya adalah Traveloka, baik melalui aplikasi maupun website, Anda dapat membeli token listrik sesuai nominal yang dibutuhkan dengan aman dan praktis.

Caranya, klikTraveloka App di ponsel Anda lalu pilih menu “Bayar Tagihan” dan “Listrik PLN”, lalu masukkan nomor meter prabayar atau nomor pelanggan Anda pada menu yang tersedia. Selanjutnya, pilihbesarannilai token yang ingin Anda beli dan klik “Beli Sekarang”. Periksa kembali nama, nomor meteran, nomor pelanggan, besaran nilai token, serta total harga yang Anda pilih.

Jika sudah benar, Anda bisa langsung melakukan proses pembayaran. Anda dapat memilih cara pembayaran melalui berbagai metode seperti transfer, kartukredit, ataupun menggunakan pilihan pembayaran di TravelokaPay untuk proses yang lebih mudah. Setelahnya, Anda akan mendapatkan nomor token yang bisa langsung dimasukkan pada meteran.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan pembelian token listrik PLN. Untuk lebih praktis, Anda dapatmemilihcara pembelian via smartphone. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melakukan pembelian token listrik kapan pun dan di mana pun berada. Jadi, Anda akan lebih hemat waktu saat bertransaksi.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak