alexametrics

Modem MiFi, Sumber Eksistensi saat Sedang Traveling

loading...
Modem MiFi, Sumber Eksistensi saat Sedang Traveling
Modem MiFi, Sumber Eksistensi saat Sedang Traveling
A+ A-
BERBAGI momen secara instan di media sosial menjadi sesuatu yang sangat penting saat traveling, baik Story dan Feed di Instagram, status Facebook, cuitan Twitter, maupun mencari informasi lokasi dan perjalanan.

Semuanya itu butuh jaringan data atau koneksi Wi-Fi yang memadai. Tentu saja operator memiliki pilihan paket roaming yang bisa dibeli. Tetapi, jika melakukan traveling sekeluarga dalam jumlah banyak, modem WiFi terasa jauh lebih hemat, juga lebih efektif. Itu yang saya rasakan saat mencoba langsung modem MiFi Skyroam.

Modem tersebut menemani perjalanan kami selama tujuh hari di camper van mengelilingi Pulau Selatan Selandia Baru, termasuk saat singgah di kota-kota seperti Auckland dan Christchurch. Lebih praktis karena banyak perangkat yang bisa terhubung di modem yang sama. Hanya perlu menyalakan modem dan langsung tersambung, sangat praktis.



Memang ada batasan kuotanya atau fair usage policy (FUP). Kuotanya berbeda setiap negara. Khusus Selandia Baru, mendapatkan akses data 1 GB per hari, yang kemudian tetap bisa dipakai meski kecepatannya menurun menjadi 512 kbps. Jika hanya untuk meng-update status, seperti unggahan Instagram, Facebook, serta mengakses peta, sudah sangat cukup.

Daya tahan baterainya pun sangat baik. Modem tersebut mampu bertahan seharian kendati diakses terus-menerus. Jaringannya juga sangat baik. Di beberapa kawasan terpencil sekalipun, kami masih mendapatkan sinyal, mulai Lake Pukaki hingga Mount Cook, meski di wilayah lain seperti Lake Tekapo dan Milford Sound benar-benar tidak ada sinyal. Memang tidak ada sinyal di tempat tersebut karena saya bandingkan dengan sinyal XL Roaming.

Layanan Peminjaman Modem


Skyroam adalah penyedia solusi internet yang memiliki layanan di banyak negara. Bisnis WiFi rental kini semakin populer karena sangat memudahkan traveler yang akan ke luar negeri, entah untuk kebutuhan bisnis, haji, ataupun jalan-jalan. Dengan menyewa WiFi saat di Indonesia sampai di negara tujuan, pengguna bisa langsung terkoneksi internet.

Hanya perlu menyalakan WiFi-nya, tidak perlu mengaktifkan paket roaming atau membeli SIM lokal. Tentu saja layanan ini paling optimal dan efektif jika digunakan rombongan. Skyroam WiFi Rental menggunakan sistem sewa atau rental dengan harga sewa sangat terjangkau sesuai wilayah kawasan negara. Saya menggunakan jasa GAS (Give Amazing Service).

Setelah mengontak mereka dan menjelaskan kapan waktu bepergian, modem langsung dikirimkan ke kantor beberapa hari sebelum keberangkatan. Tidak perlu melakukan penyetingan apa pun, tinggal menyalakan. Password dan username ada di modemnya.

Mengingat pentingnya internet untuk berkomunikasi atau navigasi dengan mengakses Google Maps selama di luar negeri, rasanya Skyroam Wifi Rental adalah layanan terbaik yang harus digunakan traveler, terutama yang bepergian dalam grup.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak