alexametrics

Indosat Ooredoo Gelar Uji Coba Kesiapan Jaringan di Lima Kota

loading...
Indosat Ooredoo Gelar Uji Coba Kesiapan Jaringan di Lima Kota
Indosat Ooredoo saat menjelaskan pengujian jaringan telekomunikasinya di Kota Banjarmasin di atas bus yang mengelilingi kota tersebut. Foto/Muhammad Faizal/SINDOnews
A+ A-
BANJARMASIN - Menjelang bulan Ramadan dan menuju Lebaran 1440 H, Indosat Ooredoo menggelar tes kesiapan jaringan di lima kota secara serentak. Masing-masing, Makassar, Banjarmasin, Padang, Malang, dan Solo.

Uji coba digelar untuk menunjukkan kesiapan jaringan mengantisipasi lonjakan trafik data maupun suara saat musim mudik hingga Lebaran nanti. "Untuk uji jaringan seluler ini sengaja kami pilih kota-kota tujuan mudik di Pulau Jawa dan luar Jawa. Itu untuk menunjukkan bahwa kita sudah siap secara nasional," kata Division Head NSAS Optimization, Yusuf Setiawan di sela-sela kegiatan uji jaringan Indosat Ooredoo di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (25/4/2019).

Fokus uji jaringan yang dilakukan adalah layanan data dan juga suara, mulai cakupan 4G, streaming hingga video call. Uji jaringan di Banjarmasin yang melibatkan awak media nasional maupun lokal dimulai dari Bandara Syamsudin Noor.



Di titik awal yang akan menjadi pintu masuk para pemudik yang menggunakan moda transportasi udara tersebut, diperoleh cakupan 4G secara kontinyu. Yusuf mengatakan, stabilnya cakupan 4G Indosat Ooredoo di Banjarmasin tak lepas dari persiapan jaringan yang telah dilakukan perusahaan sejak tahun lalu.

Indosat, kata dia, telah menambah jumlah BTS lebih banyak dari tahun lalu. "September 2018 kita launching 4G Plus di Banjarmasin. Nah sekarang semua kabupaten di Kalsel sudah 4G stabil," tuturnya.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, menghadapi Ramadan dan Lebaran tahun ini, pihaknya juga telah menambah kapasitas untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Dia memperkirakan trafik pada periode itu bisa melonjak hingga dua kali lipat.

Hal itu dibuktikan dengan uji langsung di lapangan di mana streaming YouTube dalam bus yang membawa awak media berkeliling Kota Banjarmasin berjalan lancar tanpa buffering sama sekali. Demikan pula saat dilakukan uji coba video call dengan staf Indosat di Terminal Pal Enam Banjarmasin, suara maupun gambar lancar tak terputus sama sekali.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak