alexametrics

10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak

loading...
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak
Penemuan-penemuan besar lazim diciptakan oleh orang-orang dewasa yang matang secara intelektual. Namun siapa sangka, sejumlah temuan besar diciptakan anak-anak atau remaja. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
PENEMUAN-penemuan besar lazim diciptakan oleh orang-orang dewasa yang matang secara intelektual. Namun jangan salah tidak hanya orang dewasa yang berhasil mengubah dunia melalui penemuannya.

Anak-anak atau remaja juga berkontribusi dalam menciptakan alat atau benda yang berguna bagi peradaban manusia hingga di masa depan. Berikut 10 penemuan yang diciptakan anak-anak.

1. Braille
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak




Semua orang pernah mendengar bahasa Braille, tetapi tahukah Anda siapa yang menciptakannya? Louise Braille menciptakannya ketika dia berusia 15 tahun.

Ia kehilangan penglihatannya pada usia tiga tahun karena kecelakaan mobil. Ia tidak dapat membaca di sekolah normal dan pindah ke sekolah khusus untuk para tunanetra. Buku-bukunya memiliki huruf besar dan sangat tebal dan mahal.

Ia mengerjakan ide-idenya dan menciptakan sel-sel lebih kecil yang dapat dikenali sebagai huruf dengan satu sentuhan jari. Ini adalah penemuan terbesar oleh seorang anak dan juga salah satu penemuan terbesar di dunia.

2. Tes Skrining Kanker
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Jack Thomas Andraka dari Maryland, Amerika Serikat (AS) menemukan sesuatu yang di luar imajinasi anak-anak. Dia mengembangkan metode baru dan murah untuk mendeteksi kanker pankreas, ovarium dan paru-paru menggunakan tingkat mesothelin.

Tes ini lebih dari 90% akurat dan hanya membutuhkan lima menit untuk dieksekusi. Pada 2012, ia menerima penghargaan Gordon E. Moore.

3. Desain TV Pertama
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak
Philo Farnsworth, 14 tahun, menemukan desain televisi modern. Saat itu ia berkonsultasi dengan guru-guru SMA-nya tentang idenya tersebut. Pada 1927, ia berhasil mengembangkan dan mematenkan televisi elektronik pertama di dunia.
Ia memegang lebih dari 165 paten, sebagian besar di bidang radio dan televisi. Kemudian Philo membuka Farnsworth Television and Radio Corporation serta memproduksinya secara komersial.

4. The Algae Mobile
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Pada 2008, Param Jaggi membangun model pertama dari ponsel Algae, sebuah perangkat yang mengubah karbon dioksida yang dikeluarkan dari mobil menjadi oksigen, ketika ia baru berusia 15 tahun. Ia mulai bekerja pada teknologi lingkungan dan energi pada usia 13 tahun.

Sekarang dia adalah pendiri dan CEO EcoViate yang terkenal membuat Algae Mobile. Dia dianggap sebagai salah satu penemu termuda dan termasuk dalam Forbes 30 pada 2011 dan 2012.

5. Trampoline
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Melompat di atas benda lentur ini memang menyenangkan tak hanya bagi anak-anak, orang dewasa juga terlihat menyukai trampolin. Pada 1930, pesenam George Nissen terinspirasi dengan jaring yang digunakan dalam aksi sirkus ketika usianya menginjak 16 tahun.

Kemudian dia mengumpulkan kerangka baja dan lembaran kanvas untuk menciptakan "bouncing rig" pertama. Beberapa tahun kemudian, George mendengar kata dalam bahasa Spantol untuk papan selam "el Trampolin". Dari situlah sebutan untuk trampolin diambil.

6. Alat Penutup Telinga
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Jika menyaksikan film buatan Hollywood, kita kerap melihat pemainnya mengenakan penutup telinga terutama pada musim dingin. Ternyata, alat ini ditemukan oleh Chester Greenwood dari Maine, Amerika Serikat, ketika umurnya 15 tahun.

Ia membuat lingkaran kawat dan meminta neneknya untuk menjahit bulu-bulu pada ujungnya. Penutup telinga ini bahkan membuat tentara AS tetap hangat selama Perang Dunia I. Sekarang setiap tahun, Sabtu pertama Desember dirayakan sebagai Hari Chester Greenwood dan semua orang memakai penutup telinga.

7. Ski Air

10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Ralph Wilford Samuelson adalah orang pertama yang menemukan dan berhasil menguji ski air pada usia 18 tahun di Kota Lake, Minnesota, AS. Ia pertama kali mencoba dengan ski salju yang panjangnya 8 kaki dan lebar 9 inci.

Ia tidak pernah mematenkan penemuannya dan melakukan pertunjukan di seluruh negeri untuk mempromosikan olahraga ini. Pada 1966, Asosiasi Ski Air AS mengenalinya sebagai pemain ski air pertama dalam sejarah.

8. Water Talkie
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak
Apakah Anda pernah mencoba berbicara di bawah air? Anda dapat berbicara di bawah air menggunakan penemuan kreatif ini, water talkie. Alat ini ditemukan oleh Rich Stachowski Jr pada 1995 saat dirinya berusia 10 tahun.
Penemuannya menjadi populer dan mendorong dirinya membuka sebuah perusahaan tetapi menjualnya pada 1999 ke Wild Planet Toys. Pada tahun 1999, ia memenangkan penghargaan entrepreneur of the year untuk penemuannya.

9. Es Lilin

10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak


Minuman es satu ini mirip es krim dan bahkan sudah menyebar ke seantero dunia dengan beragam rasa. Tahukah Anda, es lilin ditemukan oleh bocah laki-laki usia 11 tahun pada 1905.

Ia adalah Frank Epperson yang tak sengaja meninggalkan bubuk minuman yang dicampur air dan diaduk, di ruang pendingin semalaman. Pagi harinya, ia menemukan minuman pop-nya itu dalam keadaan beku sehingga namanya menjadi Popsicles atau es loli atau es lilin.

10. Mainan Truk
10 Penemuan Besar Ini Ternyata Diciptakan Anak-anak
Anak-anak tentu menyukai mainan. Mungkin ini juga yang mendorong anak usia 6 tahun untuk membuat mainannya sendiri. Robert Patch pada 1963 membuat sketsa truk mainan yang ideal menurut versinya.

Ia ingin mainannya dapat dibongkar dan disatukan kembali, bahkan diubah menjadi kendaraan lain. Di usia yang masih muda, Patch berhasil mendapatkan paten untuk gagasannya itu. (Wahyono)

Sumber: www.rankred.com
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak