alexametrics

Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia

loading...
Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia
Peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh sejumlah penemuan. Hasil penemuan tersebut menentukan pembentukan sejarah peradaban dikemudian hari. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
PERADABAN manusia sangat dipengaruhi oleh sejumlah penemuan. Hasil penemuan tersebut menentukan pembentukan sejarah peradaban dikemudian hari. Apa saja temuan-temuan yang mengubah sejarah peradaban manusia?1. Mesin Uap
Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia


James Watt bukan orang pertama yang menemukan mesin uap, tetapi dia adalah tokoh kunci dari revolusi industri, era di mana dunia industri berkembang pesat. Hampir semua mesin produksi dan mesin alat transportasi menggunakan prinsip dasar dari cara kerja mesin uap.

2. Kertas dan Mesin Cetak
Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia
Tanpa kertas dan mesin cetak mungkin orang tidak bisa membawa dan menulis. Kertas ditemukan oleh ilmuwan China Tsai Lun atau Cai Luna abad kedua Masehi. Penemuan kertas kemudian memunculkan antara lain surat, buku, serta catatan penting lain. Sementara mesin cetak ditemukan Johannes Gutenberg pada 1460-an. Tanpa ada penemuan mesin cetak, maka tulisan dalam kertas tidak bisa diperbanyak dan dimassalkan.

3. Radio
Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia
Untuk mengabarkan suatu informasi secara jarak jauh dapat dilakukan dengan surat menyurat menggunakan jasa pos dan kurir. Lalu ditemukanlah telegram, tetapi teknologi ini masih sangat tidak efektif.



Lalu lahirlah radio, di mana semua orang dengan mudah dapat menerima informasi dengan lebih baik, lebih jelas, dan lebih cepat. Guglielmo Marconi dianggap sebagai tokoh paling berjasa dalam penemuan teknologi radio.

4. Komputer
Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia
Jauh sebelum komputer mulai digunakan oleh semua manusia di muka bumi, terdapat seorang tokoh penting yang berada di balik semua perkembangan dunia komputer, yakni Charles Babbage.

5. Listrik
Penemuan Penting yang Mengubah Peradaban Manusia
Listrik ada di alam sejak awal diciptakan bumi tapi beberapa tokoh meneliti dan sangat berjasa hingga ditemukannya listrik. Salah satu nama yang sangat berjasa dan dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet adalah Michael Faraday, seorang ilmuwan Inggris.
Sumber: insidermonkey.com, foto-foto business insider

Negara dengan Penemuan Terbanyak
SEJUMLAH negara dikenal sebagai pusat penemuan dunia. Kegiatan riset sudah menjadi hal lumrah di negara-negara tersebut. Berikut negara-negara dengan penemuan terbanyak di dunia.
1. SwissSwiss berada di papan atas negara dengan penemuan terbanyak per kapita di dunia. Produk penemuan dari Swiss antara lain pisau Swiss Army atau cokelat susu, muesli, LSD, hingga perkembangan dunia web. Berdasarkan data dari Transfer Evaluation System (TES), Swiss memiliki banyak institut penelitian kelas dunia.
2. Swedia
Apakah di ketika berkendara di mobil Anda sering menggunakan GPS untuk memudahkan mencari jalur yang tidak macet? Jika iya maka Anda harus berterima kasih kepada Swedia yang telah menciptakan teknologi GPS ini. Teknoogi GPS hanya salah satu dari sekian penemuan Swedia.

3. Jepang
Sudah tak perlu diperdebatkan lagi Jepang berada di jajaran negara terdepan dalam hal kemajuan teknologi dan inovasi khususnya di bidang robot. Jepang selalu menjadi sinonim untuk inovasi dan penemuan.

4. Denmark
Ide tentang Google Maps awalnya berasal dari Denmark. Selain itu juga permainan batu bata untuk anak-anak dan orang dewasa, LEGO juga dibuat negeri Skandinavia ini. Denmark memiliki sektor teknologi energi terbarukan yang paling berkembang di antara semua negara di dunia.

5. Finlandia
Finlandia berada di posisi tengah sebagai negara dengan penemuan terbanyak per kapita di dunia. Ada satu penemuan per setiap 3.041 orang. (Wahyono)

Negara yang mengajukan aplikasi paten internasional paling banyak pada 2017
1. Amerika Serikat 59.624
2. China 48.882
3. Jepang 48.208
4. Jerman 18.982
5. Korea Selatan 15.763
6. Prancis 8.012
7. Inggris 5.567
8. Swiss 4.491

Persentase publikasi ilmiah peneliti negara di dunia (2004-2008)
1. Amerika Serikat 21%
2. Jepang 6%
3. Inggris Raya 7%
4. Jerman 6%
5. Prancis 4%
6. China 10%

Persentase dana penelitian dan pengembangan global (2016)
Wilayah 2016
1. Amerika Utara 28,4%
2. Amerika Serikat 26,4%
3. Karibia 0,1%
4. Amerika Utara 28,5%
5. Asia 41,8%
6. China 20,4%
7. Eropa 21,0%
8. Rusia/CIS 2,8%
9. Amerika Selatan 2,6%
10. Timur Tengah 2,3%
11. Afrika 1,1%
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak