Tips dan Trik Agar Cat Mobil Tak Kusam dan Bebas Gores

Minggu, 28 April 2019 - 14:01 WIB
Tips dan Trik Agar Cat Mobil Tak Kusam dan Bebas Gores
Tips dan Trik Agar Cat Mobil Tak Kusam dan Bebas Gores
A A A
JAKARTA - Banyak yang beranggapan jika cat mobil masih mengkilap berarti menunjukan bahwa sang pemilik merawatnya dengan baik. Tapi bukan berarti mobil yang tidak mengkilap tidak dirawat oleh pemiliknya, bisa jadi cara merawatnyalah yang salah.

Dalam sesi BincangShopee yang bertajuk Bikin Mengkilap Dalam Sekejap, salah seorang penggiat otomotif Ridwan Hanif membagikan tips dan trik agar tak salah merawat cat mobil Anda.

Pertama dan yang paling gampang, kata Ridwan, dimulai dari garasi mobil. Sebisa mungkin mobil di tempatkan pada parkiran yang tertutup atap. Karena, ternyata panas sinar matahari bisa membuat cat terlihat kusam.

Ini karena dinding bagian luar mobl terbuat dari besi, yang tidak bisa menyerap suhu panas yang dihasilkan oleh cahaya matahari.

"Kalau kita mau merawat eksterior mobil harus dimulai dari garasi di rumah. Parkirannya harus yang ada tutupan ada atapnya, jadi mobil enggak kena panas hujan," ujarnya saat BincangShoppe di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Selanjutnya, yang bisa dilakukan rutin sendiri adalah mencuci mobil. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama karena akan merusak lapisan cat pada body mobil.

"Yang perlu dilakukan yaitu mencuci mobil dengan kit sampo. Seperti yang kita tahu, butiran busa yang ada di dalam sampo jauh lebih lembut dibandingkan deterjen. Maka gunakanlah sampo, untuk menjaga body mobil agar tetap mengkilap," imbuhnya.

Ketiga, Ridwan menghimbau hati - hati saat mengelap mobil merupakan hal yang penting, karena ketika mobil dalam kondisi kotor dan menempel partikel-partikel kecil ketika dilap justru akan menimbulkan goresan yang merusak cat.

"Saat mengelap gunakan kain yang basah agar partikel yang menempel tidak menggores. Langkah selanjutnya ambil spon bersih dan oleskan cairan poles pada spon, bukan pada mobil," jelasnya.

Kemudian, lanjut Ridwan, gosok body mobil menggunakan spon tadi dengan gerakan memutar atau naik turun. Setelah proses selesai, tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit

Bila mobil telah benar-benar kering, bersihkan sisa dari cairan poles menggunakan microfiber. "Buat ngelap itu pake kain microfiber. Kalau pake kanebo kadang-kadang bisa membuat mobil tergores," katanya.

Terkahir adalah memakai wax pelindung cat. Setelah menggunakan cairan poles, saatnya proses waxing. Tekniknya sama seperti cairan poles, hanya saja waxing lebih ringan.

"Poles wax ke seluruh bagian mobil secara merata. Tunggu beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan lap kering dan bersih. Agar body mobil selalu mengkilap dan bebas jamur, proses waxing dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0570 seconds (0.1#10.140)