alexametrics

Damai dengan Qualcomm, Apple Malah Ditinggal Sosok Pentingnya

loading...
Damai dengan Qualcomm, Apple Malah Ditinggal Sosok Pentingnya
Apple ditinggal sosok penting dibalik suksesnya perdamaian merek dengan raksasa chipset AS, Qualcomm. Foto/ist
A+ A-
CUPERTINO - Drama modem 5G Apple masih berlanjut. Kali ini Apple dikabarkan kehilangan kepala ahli hardware pada proyek tersebut.

Dikutip dari laman 9to5Mac, Selasa (30/4/2019), karyawan tersebut adalah Ruben Caballero. Dia keluar setelah Apple dan Qualcomm sepakat berdamai dan Apple merekrut mantan pegawai Intel.

Saat di Apple, Caballero bertanggung jawab berkordinasi dengan pemasok untuk mengintegrasikan modem pada iPhone. Sosok Caballero digambarkan memiliki peran untuk memimpin Apple pada 5G.



Dia mulai bergabung dengan Apple sejak 2005 dan sejak saat itu pula, namanya berada di balik ratusan paten Apple untuk teknologi nirkabel. Selain itu, dia terkenal saat kasus iPhone 4 Antennagate pada 2010.

Belum ada keterangan resmi soal kepergian Caballero. Tapi beberapa waktu terakhir perannya mulai dipertanyakan di perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini.

Pada Februari, Apple mengganti pimpinan pembuat modem kepada Wakil Presiden Hardware Apple, Johny Srouji. Caballero telah mengawasi usaha ini dan melaporkannya pada Wakil Presiden Rekayasa Perangkat Keras Apple, Dan Riccio.

Sebelumnya, Apple diketahui membajak insunyur 5G pimpinan Intel, Umashankar Thyagarajan, pada Februari lalu. Kabar ini semakin dibuktikan dengan profil Linkedin Umashankar Thyagarajan yang mencantumkan Apple sebagai tempatnya bekerja sekarang.

Binis modem smartphone sepertinya menjadi sumber drama baru yang akhir-akhir ini mencuat. Apple diketahui mencapai kesepakatan damai dengan Qualcoom, yang diikuti oleh Intel mengumumkan bahwa mereka mundur dari proyek modem 5G untuk Apple.

Belakangan juga santer terdengar kabar bahwa Apple ingin menghasilkan modem 5G untuk handphone-nya sendiri.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak