alexametrics

Konferensi Pengembang F8 Ungkap Lima Fitur Baru Facebook dan Instagram

loading...
Konferensi Pengembang F8 Ungkap Lima Fitur Baru Facebook dan Instagram
Mark Zuckerberg saat membuka Konferensi Pengembang F8 Facebook yang dimulai hari ini. Foto/ist
A+ A-
MENLO PARK - Konferensi Pengembang F8 Facebook telah dimulai hari ini. Setelah selama satu tahun, Facebook dihantui kontroversi terkait privasi penggunanya.

Kini rupanya perusahaan berupaya keras membuat orang terhubung dengan keluarga dekat dan teman mereka. Selama pembukaan F8, Facebook mengumumkan pembaruan untuk Instagram, Facebook Messenger, dan layanan utama Facebook.

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga mengumumkan perangkat VR baru Oculus Quest dan Oculus Rift S, hingga kehadiran sebuah fitur kencan.



Dirangkum dari laman The Verge, Rabu (1/5/2019). berikut lima perubahan fitur yang ada di Facebook Group yang diumumkan di F8:

Desain ulang Facebook
Konferensi Pengembang F8 Ungkap Lima Fitur Baru Facebook dan Instagram

Facebook mengatakan akan mulai mengerucutkan News Feed di Facebook. Dalam pembaruan yang oleh Zuckerberg disebut "FB5," Facebook akan menyoroti pembaruan pada grup dan acara.

Ini membuat tab grup Facebook menonjol dan lebih personal. Desain ulang ini diharapkan bisa membantu orang memperluas jaringan sosial mereka.

Facebook juga menghadirkan fitur yang disebut Temui Teman Baru yang akan menghubungkan pengguna dengan orang lain. Namun memiliki keterkaitan tertentu seperti pernah satu sekolah. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah terhubung dengan orang lain yang lama tidak bertemu.

Pembaruan ini akan segera hadir di aplikasi Facebook baik Android maupun iOS. Facebook versi desktop juga akan didesain ulang dalam beberapa bulan mendatang.

Kamera baru Instagram dan Pengurangan Jumlah "Like"
Konferensi Pengembang F8 Ungkap Lima Fitur Baru Facebook dan Instagram

Facebook menawarkan pengguna lebih banyak cara untuk berinteraksi dengan para pengikut akun sembari memangkas kemungkinan yang membuat mereka stres.

Dalam praktiknya, Facebook akan memperbarui antarmuka penggunaan kamera dan menambahkan "Create Mode". Fitur ini, kata Facebook, bakal mempermudah pengguna membagikan konten selain foto dan video misalnya kuis. Instagram juga memperluas fitur yang memungkinkan pengguna membeli produk dari dalam aplikasi.

Selain itu, Instagram juga sebelumnya tengah menguji sistem yang menyembunyikan jumlah like pada unggahan pengguna. Dengan begitu, pengguna lainnya dinilai bisa fokus pada foto dan video yang dibagikan, bukan lagi pada jumlah like yang mereka dapatkan.

Fitur ini, sementara waktu masih diuji coba di Kanada. Jika terbukti efektif, maka fitur yang sama juga akan diluncurkan di negara lainnya.

Facebook Messenger Fokus Pada "Close Friends"
Facebook mendorong News Feed di aplikasi utamanya, namun tetap mempertahankan Messenger untuk mengimbangi pengguna agar berkomunikasi kepada sesama teman dan keluarga terdekat mereka.

Kini pengguna bisa mengatur pesan status atau membagikan foto dengan orang yang Anda kehendaki. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengatur siapa yang bisa melihat posting-an Anda.

Selain itu, Messenger mendapat banyak penyegaran. Di versi iOS bakal jadi lebih ramping, di bawah 30MB atau sekitar 20% dari ukuran aplikasi saat ini. Sedangkan di iOS masih dirancang ulang.

Jika Anda menggunakan Messenger di PC, kini Anda tak perlu lagi menyimpannya di tab browser. Karena Facebook akan meluncurkan aplikasi Messenger versi desktop baik untuk Mac maupun PC akhir tahun ini.

Oculus Rift S dan Oculus Quest Segera Dirilis
Dalam ajang F8, Facebook mengumumkan Oculus Quest dan Oculus Rift S sudah bisa dipesan. Dua perangkat itu akan menggantikan kamera lacak eksternal dengan sistem yang lebih ramah pengguna. Quest dan Rift S dibanderol seharga USD399 (Rp5,7 juta) dan pengirimannya dilakukan mulai 21 Mei di 22 negara.

Quest merupakan perangkat kacamata VR mandiri yang dirancang all in one, sepaket dengan permainan di dalamnya. Perangkat ini tidak memerlukan PC untuk menjalankan konten di dalamnya.

Sebagai gantinya, pengguna akan mendapatkan controller untuk memainkan permainan. Sementara Rift S merupakan suksesor Rift 2016, dengan penambahan tracker pada bagian luar dan dalam. Desain Oculus Rift S pun memiliki sentuhan baru.

Kencan di Facebook
Facebook telah memperkenalkan layanan kencan pada F8 tahun lalu. Kini perusahaan tersebut mengumumkan layanannya ini bakal berkembang ke 14 negara lagi.

Facebook juga mengumumkan fitur yang disebut "Secret Crush". Melalui fitur ini dapat membuat daftar rahasia teman-teman Facebook yang Anda sukai, meskipun mereka tak memiliki profil kencan. Apabila pengguna yang Anda sukai juga menggunakan Secret Crush, lalu mereka menambahkan Anda ke daftarnya juga, maka Facebook akan memberikan notifikasi bila ada kecocokan.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak