alexametrics

Chabot Ini Gantikan Peran SDM untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

loading...
Chabot Ini Gantikan Peran SDM untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan
(Ki-ka) CEO BJtech Diatce G Harahap, Co-founder ZAM Cosmetik Tania Ray Mina dan Arief Tri Satya, COO brand fashion muslim Ria Miranda dalam peluncuran balesin.id, admin otomatis bantu jualan online lebih praktis di Jakarta. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Memasuki era Revolusi Industri 4.0, teknologi robot mulai menggantikan peran pekerja pada sejumlah bidang pekerjaan. Nah salah satunya adalah peran SDM di bidang komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan.

Chatting, misalnya. "Obrolan" itu telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kultur digital masyarakat Indonesia, termasuk ketika sedang berbelanja online. Baik di platform e-commerce maupun media sosial, dua tempat favorit belanja online di Indonesia tersebut sama-sama mengandalkan chatting sebagai metode komunikasi utama antara penjual dan pembeli.

Kebiasaan berbelanja lewat chat ini dikembangkan lebih lanjut oleh BJtech dalam produk terbaru mereka. Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerja sama dengan beberapa brand besar seperti BNI dan Coca Cola, dalam pengembangan produk berbasis chatbot, kini mereka siap meluncurkan balesin.id yakni admin otomatis untuk membuat proses jual-beli online menjadi lebih mudah.



“Penting sekali untuk stand-by melayani chat pelanggan karena di e-commerce pun, sebagian besar akan chat dulu untuk tanya-tanya, seperti memastikan stoknya ada, bisa dikirim ke daerah mana aja, dan lain-lain. Tantangannya muncul ketika banyak chat yang masuk di luar jam operasional. Padahal tidak semua chat berujung pada pembelian, kan?” ungkap Tania Ray Mina, co-founder ZAM Cosmetics sambil menceritakan pengalamannya menjalankan bisnis secara online di Jakarta, Kamis (2/5/2-19).

Dikatakannya, perusahaan memang memiliki admin yang bertanggung jawab di masing-masing e-commerce dan chatting messenger. Tetapi pada kondisi tertentu, misalnya demand-nya lagi banyak secara bersamaan, mereka bakal keteteran menjawab ratusan chat dalam sehari.

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, balesin.id memosisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Setelah mendapatkan suntikan dana dari Stellar Kapital dan GDI (Global Digital International), BJtech melalui balesin.id menawarkan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online.

Melalui teknologi ini, maka penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu. Sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam. Saat ini balesin.id sudah terkoneksi dengan LINE Messenger, serta dalam tahap pengembangan untuk terkoneksi dengan WhatsApp Messenger dan bisa memiliki link sendiri.

“Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) di Indonesia berpotensi besar untuk membantu pelaku bisnis online Indonesia yang terbiasa berjualan lewat chatting. Semakin tinggi skala operasionalnya, tantangan yang dihadapi seller juga semakin besar untuk membalas chat pelanggan," kata Diatce G Harahap, CEO BJtech.

Misalnya, sebut dia, ada 200 chat yang masuk ke ponsel dalam sehari. "Berapa persen yang akhirnya beli? Dengan adanya admin otomatis balesin.id berbasis chatbot ini, seller akan terbebas menjawab pertanyaan-pertanyaan repetitif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih efisien. Mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk menangani serious buyer, dan tentunya akan meningkatkan penjualan mereka,” kata Diatce.

Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, balesin.id menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya. Lalu membeli tanpa keluar dari layar chatting.

Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal. "Untuk membuat pembeli lebih interaktif dan nyaman saat chatting, penjual bisa memilih sendiri gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan bisnis online yang dijalankan," ujarnya.

Bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan, konsumsi belanja masyarakat Indonesia juga meningkat setiap tahunnya, baik secara langsung maupun online. “Biasanya melonjak pesanan itu seminggu sebelum dan dua-tiga minggu tengah Ramadan, karena bakal banyak barang yang diskon, ada koleksi spesial Ramadan begitu, kan. Jam operasional juga ada perubahan sedikit untuk para admin kita ketika Ramadan. Aku harus consider ke mereka dong, karena mereka kerja juga sambil ibadah puasa,” ungkap Arief Tri Satya, COO brand fashion muslim Ria Miranda.

Dengan menggunakan admin otomatis dari balesin.id, kata dia, para penjual online berpotensi untuk melipatgandakan penjualannya di bulan Ramadhan dengan lebih mudah dan efisien. Tentunya tanpa perlu kerepotan membalas chat pelanggan satu per satu.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak