alexametrics

FTC Kesulitan Tentukan Denda Pelanggaran Privasi oleh Facebook

loading...
FTC Kesulitan Tentukan Denda Pelanggaran Privasi oleh Facebook
FTC kesulitan menetapkan denda kepada Facebook karena melanggar privasi banyak pelanggannya. Foto/ist
A+ A-
MENLO PARK - Facebook dikabarkan menyiapkan dana hingga USD3 miliar dari pendapatan pada kuartal pertamanya tahun ini. Ini sebagai antisipasi perusahaan terhadap besaran denda yang bakal dijatuhkan FTC, otoritas telekomunikasi federal AS.

Dendanya sendiri diperkirakan mencapai USD3 miliar-5 miliar. Denda diberikan oleh FTC terkait skandal Cambridge Analytica. Ada 87 juta profil pengguna Facebook dilaporkan mereka jual ke perusahaan jasa konsultan tanpa persetujuannya.

Tindakan itu melanggar keputusan persetujuan FTC pada 2011. Saat itu mereka memerintahkan Facebook untuk tidak membagikan profil pelanggannya tanpa izin.



Sementara FTC mengalami kesulitan memutuskan denda untuk membuat Facebook kapok, New York Times melaporkan, mengutip trio sumber anonim yang akrab dengan diskusi komisaris, mereka mengatakan beberapa bulan lalu lima komisioner FTC setuju untuk "memukul" Facebook dengan denda bersejarah yang dirancang untuk menyamai keseriusan pelanggaran Facebook.

Tapi sekarang, tampaknya para komisaris bertengkar di antara mereka sendiri. Mereka tidak dapat mencapai konsensus tentang seberapa besar denda yang harus diambil dari perusahaan raksasa media sosial itu.

Selain berdebat tentang hukuman Facebook, dua sumber anonim mengatakan, komisioner berpisah tentang apa yang harus dilakukan dengan pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Pertanyaannya adalah seberapa besar dia harus dihukum dan secara pribadi bertanggung jawab atas penggunaan profil pengguna ini.

Perusahaan mengatakan, Zuckerberg seharusnya tidak bertanggung jawab atas tindakan 35.000 karyawannya. "Ini adalah keputusan yang sangat penting karena akan diawasi oleh semua perusahaan besar ini untuk melihat apakah benar-benar akan ada hari baru di bidang penegakan hukum," papar Senator Ron Wyden (D-OR) seperti disitat dari Giz China.

FTC dikatakan hampir membuat keputusan dan sebuah pengumuman bisa dilakukan beberapa hari lagi. Denda akan dengan mudah menjadi yang terbesar yang pernah diminta FTC kepada perusahaan teknologi.

Kembali pada tahun 2012, FTC mendenda Google senilai USD22,5 juta. Dalam hal itu, FTC menemukan bahwa Google telah berhasil mengesampingkan pengaturan privasi di browser Safari Apple. Ini memungkinkan raksasa pencarian untuk melacak pengguna saat mereka menavigasi jalan mereka di internet.

Beberapa berharap hukuman pamungkas Facebook hanya menjadi tamparan di tangan. Namun dendaUSD5 miliar akan mewakili lebih dari sepertiga dari pendapatan kuartal pertama perusahaan.

Itu juga akan menjadi sekitar 9% dari pendapatan Facebook di 2018 sebesar USD55,8 miliar. Itu bahkan akan lebih tinggi 4% dari pendapatan yang bisa didenda perusahaan karena melanggar Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) UE.

Peraturan tersebut mulai berlaku tahun lalu. Aturan juga mengharuskan perusahaan mendapatkan persetujuan dari konsumen yang tinggal di UE sebelum menggunakan data pribadinya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak