alexametrics

Apa Saja yang Bakal Rilis di Google I/O 2019

loading...
Apa Saja yang Bakal Rilis di Google I/O 2019
ilustasi Google. FOTO/ Ist
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Memasuki bulan Mei, itu berarti konferensi developer Google I/O akan segera hadir kembali. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang ini akan dibanjiri perangkat lunak terbaru, terobosan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan banyak lagi.

Dikutip dari Engadget, Senin (6/5/2019), Google I/O kali ini bakal menyertakan pengumuman mengenai perangkat keras yang diduga kuat dihadirkan.

Berikut adalah rangkuman ekspektasi teknologi yang akan dihadirkan di atas panggung Google I/O) pada 7-9 Mei di Mountain Vie, California, Amerika Serikat.



Google Pixel 3A dan 3a XL

Belakangan isu soal Pixel 3a dan 3a XL santer terdengar. Kemungkinan semakin kuat lantaran ada teaser yang mengindikasikan perangkat tersebut akan hadir pada 7 Mei. Handset ini bahkan telah disebut namanya di Google Store.

Kedua ponsel Pixel 3a akan memiliki kamera 12 megapiksel seperti pendahulu mereka, lengkap dengan Pixel Visual Core khusus Google yang membantu menghasilkan bidikan memukau.

Untuk dapur pacu, menurut perkiraan Pixel 3a akan menggunakan prosesor midrange Snapdragon 670 dan Pixel 3a XL menggunakan Snapdragon 710. Soal spek Pixel 3a akan hadir dengan layar 5,6 inch dan 6 inch untuk Pixel 3a XL.

Nest Hub Max

Kandidat kuat lainnya adalah layar pintar Nest Hub Max dengan layar seluas 10 inch. Nest Hub Max juga sempat nongol di Google Store.

Perangkat ini akan mengintegrasikan kamera Nest dengan peringatan gerakan dan suara yang berfungsi baik sebagai monitor keamanan maupun untuk kebutuhan panggilan video pada layanan Duo.

Menurut laporan Endgadget, ada sedikit keraguan kalau NEst Hub Max akan turut hadir pada Google I/O kali ini.

Android Q

Rasanya bukan ajang I/O tanpa Android versi baru, dan Google tampaknya akan melanjutkan tradisi itu tahun ini.

Android Q rilis pertama kali dalam versi beta pada bulan Maret. Dari versi beta tersbeut telah nampak beberapa detail pada sisitem operasi kali ini.

Google mengubah gerakan navigasi dan memperkenalkan chat bubble yang memungkinkan pengguna percakapan terus berlangsung, meski menggunakan aplikasi lain.

Andoid Q juga akan mencakup dukungan resmi untuk ponsel lipat.

Android TV.

Ada kemungkinan pada Google I/O, raksasa teknologi ini kana memberikan pembaruan pada Android TV. Namun sayangnya sampai saat ini pembaruan itu masih belum terlihat wujudnya.

Banyak yang beranggapan bahwa pembaruan tersebut adalah dukungan untuk Google Assistant dan Antarmuka yang dimodernisasi. Sehingga dapat memberi penambahan baru di platform dan membantunya bersaing dengan platform TV seperti Tizen milik Samsung dan webOS milik LG.

AI, Chrome dan Stadia

Dalam pemaparan di I/O, Google akan menampilkan hampir seluruh aspek perusahaan dan pembahasan soal kecerdasan buatan tak luput dari pusat perhatian. Ada yang mengatakan Google akan memunculkan pemanfaatan AI sebagai landasan untuk seluruh produknya.

Kandidat lain untuk I / O? Google sepertinya akan mengungkapkan lebih banyak tentang layanan streaming game Stadia-nya, meskipun itu tampaknya tidak mungkin ketika perusahaan berbicara banyak tentang teknologi di Game Developers Conference hanya beberapa minggu yang lalu.

Google juga turut menyertakan Chrome dan Chrome OS sebagai bagian yang akan dipamerkan Google di ajang tahunannya itu.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak