alexametrics

Google Doodle Didedikasikan Bagi Ratu Bulu Tangkis RI, Minarni Soedarjanto

loading...
Google Doodle Didedikasikan Bagi Ratu Bulu Tangkis RI, Minarni Soedarjanto
Tampak Google Doodles yang hari ini didedikasikan gambarnya untuk mantan pemain bulutangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Google Doodles hari ini mendedikasikan gambar untuk mantan pemain bulutangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto. Pada gambar itu, terlihat seorang perempuan yang sedang mengayunkan raketnya beserta logo Google di bagian belakang.

"Doodle hari ini memberikan penghormatan pada pemenang bulutangkis internasional Minarni Soedarjanto, yang dipuji di tanah airnya Indonesia sebagai 'Ratu dari seluruh ratu bulutangkis'," ujar Google Doodle dikutip dari laman resminya, Jumat (10/5/2019).

Tepat hari ini, ujar Google, Minarni lahir di Pasuruan, Jawa Timur pada 1944. Google mencatat Minarni mulai debut bulutangkis di usia 13 tahun dan memenangkan gelar pertamanya di Kejuaraan Nasional 1959 di Malang pada usia 15 tahun.



Pada tahun yang sama, dia terpilih menjadi tim nasional Indonesia di ajang Piala Uber. Sayangnya, pada 1960 Indonesia harus menelan kekalahan.

Meski demikian, Minarni berhasil menyabet gelar tunggal dan ganda selama bertahun-tahun. Termasuk kemenangan bersejarah dalam turnamen tertua olahraga All-England.

Dia memenangi kejuaraan tersebut untuk pertama kalinya pada 1968 yang saat itu berduet dengan Retno Koestijah. Pada 1969, dia berhasil memenangi dua kejuaraan sekaligus yaitu US Open dan Canada Open. Minarni tampil di Piala Uber pada 1963, 1966, dan 1969.

Tahun 1975, dia merupakan pemain sekaligus pelatih dan juga ibu tiga anak. Namun, ia menolak untuk pensiun karena belum bisa memenuhi ambisinya.

Dia berhasil menang dari Jepang dan memenangkan Piala Uber pertama Indonesia. Rupanya, piala itu juga merupakan gelar terakhir dari Minarni.

Minarni mengembuskan napas terakhirnya pada 14 Mei 2003 di usianya 59 tahun. "Terima kasih telah membuka jalan dan selamat ulang tahun ke-75, Minarni Soedarjanto," pungkas Google.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak