alexametrics

E-Commerce Banjir Kenaikan Transaksi di Bulan Ramadhan

loading...
E-Commerce Banjir Kenaikan Transaksi di Bulan Ramadhan
Toko online atau e-commerce meraup lonjakan transaksi selama bulan Ramadhan. Foto/ist
A+ A-
Selama bulan Ramadhan, platform e-commerce banjir transaksi. Mereka umumnya mencatat kenaikan transaksi 3 hingga 5 kali lipat dibanding sebelumnya.

Salah satu platform aggregator e-commerce, Shopback, mencatat peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat pada Ramadhan 2018. Tahun ini ShopBack menargetkan peningkatan jumlah order serta nilai transaksi sebesar dua kali lipat dibandingkan Ramadhan tahun lalu.

Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia, mengatakan, Ramadhan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi. "Daya beli masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp1,2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya," ungkap Yolanda dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (10/5/2019).



Tahun ini, lanjut Yolanda, Shopback memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat di bulan puasa tidak terlalu mengalami peningkatan signifikan dibandingkan sebelumnya. "Namun, kami optimis, tahun ini jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga dua kali dibandingkan Ramadhan sebelumnya," imbuhnya.

Berdasarkan data Criteo baru-baru ini, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak 10 hari menjelang Ramadhan dan berlanjut hingga penghujung bulan. Hal yang sama pun juga tercatat pada data historis ShopBack, di mana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadhan.

Sedangkan puncaknya pada pekan ketiga Ramadhan, di mana masyarakat sudah mulai menerima bonus THR. Sedangkan untuk waktu belanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00 WIB.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak