alexametrics

Apple Selangkah Lebih Dekat ke Peluncuran iPhone XI

loading...
Apple Selangkah Lebih Dekat ke Peluncuran iPhone XI
Chipset A13 yang disiapkan untuk ditempatkan di iPhone 2019 kabarnya sudah mulai diproduksi oleh Apple. Foto/ist
A+ A-
CUPERTINO - Apple tengah bekerja keras pada tiga iPhone barunya guna menggantikan iPhone XS, XS Max, dan XR yang populer pada musim gugur nanti. Antara bulan Agustus atau September.

Namun publik mungkin tidak menyadari seberapa dekat trio generasi berikutnya itu dengan produksi. Dalam laporan terbarunya, Bloomberg menyoroti iPhone XI, XI Max, dan iPhone XR 2 untuk masuk dapur produksi. Ini disebabkan proses desain chipset A13 sudah dimulai.

Mengikuti langkah cepat Apple A12 SoC yang digunakan pada seluruh jajaran iPhone 2018, A13 kemungkinan akan diproduksi oleh TSMC. Tentunya di bawah pengawasan ketat raksasa teknologi berbasis Cupertino, yang secara alami bertanggung jawab atas desain chipset.



Oleh karena itu, peningkatan kinerja kuat dari keluarga iPhone baru seharusnya dapat dengan mudah memperkuat posisi tawar mereka untuk bersaing dengan Android dalam hal kecepatan.

Produksi tiga handset akan mengikuti berbagai langkah rantai pasokan persiapan utama. Salah satunya adalah uji produksi awal dari A13. Kabarnya produksi prosesor sudah dimulai pada bulan lalu dan dijadwalkan memasuki masa produksi massal pada awal Mei ini.

Sementara itu, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) adalah pembuat chip yang sangat berpengalaman. Dibandingkan A12, Apple A13 diperkirakan akan menambahkan teknologi terobosan yang disebut extreme ultraviolet lithography (EUV). Fitur itu bertujuan untuk peningkatan kinerja dan efisiensi energi yang lebih besar dari biasanya.

Tentu saja, SoC unggulan-gen Qualcomm, Samsung, dan Huawei berikutnya juga dapat mengadopsi proses EUV 7nm. Namun jika sejarah terkini merupakan indikasi, tidak ada chip yang dapat mengikuti A13.

Terlepas dari tidak mengherankan berbagi prosesor Apple A13 yang canggih, sekuel iPhone XS, XS Max, dan XR tahun ini diperkirakan menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna mengisi ulang AirPods terbaru dan perangkat lain dengan menempatkannya pada belakang iPhone baru. Teknologi ini sudah diterapkan pada karena Huawei Mate 20 Pro yang diluncurkan musim gugur lalu. Begitu juga dengan integrasi Wireless PowerShare ke dalam jajaran Samsung Galaxy S10.

Sumber-sumber Bloomberg menambahkan, rumah kamera berbentuk persegi untuk iPhone 11 memiliki ketebalan sekitar setengah milimeter untuk penerus XS dan XS Max. Dalam hal kemampuan aktual, sensor ketiga pada varian high-end dikabarkan menghasilkan "foto yang lebih besar dan lebih rinci" dengan lensa sudut ultra lebar. Lensa itu bergabung dengan sensor biasa dan telefoto.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak