Google Beri Opsi Beli Aplikasi di Play Store Secara Tunai

Sabtu, 11 Mei 2019 - 19:00 WIB
Google Beri Opsi Beli Aplikasi di Play Store Secara Tunai
Google Beri Opsi Beli Aplikasi di Play Store Secara Tunai
A A A
MOUNTAIN VIEW - Android memang memiliki banyak variasi aplikasi dibandingkan dengan perangkat iOS. Namun anehnya jumlah pendapatan Android lebih sedikit dibanding iOS yang lebih mendominasi.

Untuk itu, Google berniat memperkenalkan cara baru dalam pembayaran bagi pengguna di pasar negara berkembang untuk membayar aplikasi, yakni dengan uang tunai alias cash.

"Kami tahu bahwa pasar negara berkembang adalah pasar utama pertumbuhan bagi kami, itulah sebabnya kami senang mengumumkan pending transactions," kata Aurash Mahbod, Direktur Teknik yang bertanggung jawab untuk Play Store dan Game di Google Play, dikutip dari laman Tech Crunch, Sabtu (11/5/2019).

Dengan menggunakan istilah "pending transactions", Google menawarkan pengguna membayarnya tanpa menggunakan kartu kredit atau online payment lainnya.

Sebelumnya untuk membeli sebuah aplikasi berbayar, pengguna harus memiliki kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Kurangnya akses kartu kredit menjadi salah satu alasan dari banyak alasan mengapa pengguna di pasar negara berkembang cenderung lebih nyaman mengunduh aplikasi dan permainan gratis yang ada di Play Store.

Demi menyelesaikan masalah tersebut, Google telah bekerja sama dengan 20 mitra carrier billing untuk mendukung pembayaran di seluruh negara. Namun masalah ini tidak berhasil mencangkup semua pengguna. Akhirnya Google memutuskan menambahkan opsi baru dalam pembayaran tunai.

Jika sudah memilih metode tunai untuk melakukan pembayaran, pengguna akan mendapatkan kode pembayaran yang bisa dibayarkan di toko ritel terdekat. Setelah melakukan pembayaran, pengguna mendapatkan email konfirmasi bukti pembayaran dan bisa mengunduh aplikasi.

Meski metode ini membuat pembayaran untuk pembelian aplikasi lebih mudah, tapi jika pengguna kemudian menginginkan pengembalian data, mereka tidak akan mendapat uangnya kembali.

Opsi Pending Transactions adalah salah satu dari beberapa pembaruan yang tiba di Google Play Billing Library baru (versi 2.0). "Ini akan memakan waktu untuk melanjutkan pekerjaan di atasnya," katanya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6627 seconds (0.1#10.140)